Dark/Light Mode

HNW Ajak Muhammadiyah Bijak Gunakan Hak Pilih

Kamis, 6 April 2023 21:18 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedatangan Pengurus Muhammadiyah dan Aisyiyah Jakarta Selatan di Lantai 9, Gedung Nusantara III, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (5/4), disambut hangat oleh Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW).

Kehadiran Ketua Muhammadiyah Jakarta Selatan H. M. Daliman, Wakil Ketua H. M. Sholichin WD, Wakil Ketua Aisyiyah Jakarta Selatan Hj. Nurdiati Akma, serta beberapa pengurus lainnya di ruang kerja HNW untuk melakukan silaturahmi serta diskusi keumatan dan kebangsaan.  

Di tengah bulan puasa, HNW mengajak kepada para tamunya untuk meningkatkan amalan dan ibadah puasa. Di bulan yang penuh berkah ini merupakan kesempatan yang mulia untuk meningkatkan ibadah dan aktivitas sosial.  

Wakil Ketua Badan Wakaf Pondok Pesantren Gontor itu juga mengajak kepada para tamunya untuk terus melanjutkan peran sejarah yang sudah dilakukan oleh pendiri dan pendahulu Muhammadiyah, yakni KH. Ahmad Dahlan, Ki Bagus Hadikusumo, KH. Mas Mansyur, Kasman Singodimedjo, serta tokoh-tokoh besar Muhammadiyah lainnya.

Baca juga : Menko Polhukam Kunjungi Muhammadiyah, Bahas Pemilu Hingga Korupsi

"Mereka adalah pahlawan nasional, yang telah berjasa menghadirkan kiblat Bangsa. Tugas kita menjaga agar kiblat bangsa tidak disimpangkan, dan mewariskan kiblat berbangsa ini kepada generasi milenial," ujarnya.  

Tokoh-tokoh Muhammadiyah itu disebut oleh HNW sebagai sosok yang selalu menjaga agar kiblat bangsa ini tidak melenceng atau dibuat dalam posisi yang tidak benar.

Muhammadiyah dengan ‘Darul Ahdi Wa Syahadah’ memang bersama komponen bangsa dan keummatan lainnya berkewajiban menjaga agar kesepakatan bangsa bisa terjaga.  

Ketika saat ini banyak terjadi tindakan-tindakan yang dinilai sebagai darurat moral, darurat korupsi, pembelahan anak bangsa, ketimpangan ekonomi, berpolitik yang tidak mementingkan musyawarah tapi banyak-banyakan suara, maka terutama pada Muhammadiyah-lah, HNW berharap agar organisasi ini betul-betul bisa melanjutkan melakukan peran konstruktif dan mensejarahnya agar kiblat bangsa tetap benar.

Baca juga : Muhammadiyah Imbau Tidak Saling Menyalahkan Soal Batal Piala Dunia U-20

Dalam menghadapi Pemilu 2024, HNW mendorong agar organisas yang lahir di Yogyakarta ini untuk mencerahkan warga bangsa.

"Mari kita cerahkan agar rakyat tidak golput, agar menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar, agar menghadirkan pemimpin dan wakil rakyat yang baik dan benar," tuturnya.

Dari sinilah maka demokrasi yang ada bisa bisa menghadirkan kehidupan yang bermanfaat  adil makmur sebagaimana  cita-cita pendiri bangsa.   Sebagai partai politik, HNW menyebut PKS terbuka bagi warga Muhamadiyah.

"Ini sudah saya sampaikan sejak lama kepada pimpinan pusat Muhammadiyah. Partainya siap menerima warga Muhammadiyah menjadi caleg. Kita senang dan siap bila ada warga Muhammadiyah yang akan dicalonkan," ujarnya.   

Baca juga : Wamen Raja Juli Serahkan Tanah Wakaf NU Dan Muhammadiyah Di Lamongan

Partainya menurut HNW selama ini kerap memperjuangkan aspirasi dari organisasi yang kantor pusatnya ada di Menteng, Jakarta, itu. Ketika ada SKB 3 Menteri yang menetapkan cuti lebaran pada tanggal 21, dirinya keberatan. Tanggal tersebut bagi warga Muhammadiyah sudah merupakan hari lebaran.

Bila cuti tanggal 21 tentu hal demikian merepotkan warga Muhammadiyah. Setelah koreksinya disampaikan secara terbuka, Pemerintah mengubah cuti lebaran.

"Allhamdulillah dari pihak pemerintah sudah mengubah dari tanggal 21 menjadi tanggal 19. Dengan demikian diharapkan warga Muhammadiyah akan lebih leluasa menikmati liburan bersama Hari Raya Idul Fitri," ujarnya. 

Dari apa yang dilakukan tersebut, HNW mengatakan tanpa diminta pun dirinya sudah terbuka memperjuangkan aspirasi Muhamadiyah dan kepentingan Umat yang lain agar makin kuatkan harmoni kehidupan bersama dan berkeadilan dalam bingkai NKRI. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.