Dark/Light Mode

Mudik Lancar, Muhammadiyah: Polri Berkerja Serius Berikan Pelayanan Terbaik

Selasa, 25 April 2023 13:52 WIB
Penerapan one way di Tol Trans Jawa selama mudik. (Foto: Istimewa)
Penerapan one way di Tol Trans Jawa selama mudik. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti mengapresiasi kesigapan Polri dalam menjalankan beragam skema lalu lintas dalam pengamanan arus mudik Lebaran 2023.

“Aparatur kepolisian bekerja serius dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang mudik,” ujar Abdul Mu’ti, seperti dimuat laman muhammadiyah.or.id, seperti dikutip Selasa (25/4).

Menurut Guru Besar Pendidikan Islam UIN Syarif Hidayatullah ini, Polri telah serius menjalani pengamanan mudik Lebaran tahun ini. Keseriusan tersebut ia nilai melalui berbagai pengamanan, mulai dari skema contra flow, one way, hingga beberapa pos pelayanan yang dirasakan pemudik.

Baca juga : Aku Ganjar Pilih Politik Suka Ria, Fokus Menangkan Ganjar Pranowo Di DKI Dan Jabar

Selain itu, kelancaran mudik tahun ini juga terwujud berkat kerja sama lintas sektor sampai masyarakat yang telah tertib melangsungkan mudik Lebaran. “Saya apresiasi masyarakat yang mudik dengan tertib,” kata dia.

Terkait arus balik, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memberikan arahan kepada jajarannya untuk mempersiapkan dengan sejumlah rekayasa lalu lintas, baik di jalur tol maupun jalur arteri. Tujuannya untuk mengantisipasi puncak arus balik Lebaran 2023.

“Perlu dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk melakukan rekayasa, khususnya dari jajaran kepolisian untuk pengaturan (lalu lintas), baik di jalur tol maupun di jalur arteri,” kata Sigit, di Jakarta, Minggu (23/4).

Baca juga : Transformasi Polri Bisa Dirasakan Masyarakat

Sejumlah rekayasa lalu lintas yang dipersiapkan tersebut adalah one way dan contra flow. Selain itu, sistem ganjil genap juga kemungkinan akan diberlakukan.

Upaya tersebut dilakukan untuk mengurai dan mendistribusikan beban jalan. Pasalnya, arus balik Lebaran 2023 diprediksi menjadi arus balik tertinggi sejak 2019.■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.