Dark/Light Mode

Bangkitkan UMKM, Saudagar Aceh Bentuk Aceh Business Forum

Rabu, 3 Mei 2023 15:21 WIB
Bangkitkan UMKM, Saudagar Aceh Bentuk Aceh Business Forum. (Foto: DHN/RM)
Bangkitkan UMKM, Saudagar Aceh Bentuk Aceh Business Forum. (Foto: DHN/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Paguyuban masyarakat Aceh di Jakarta, yang tergabung dalam Pimpinan Pusat Taman Iskandar Muda melalui Bidang Pengembangan Ekonomi dan Usaha menggelar Aceh Bisnis Forum (ABF). Acara yang digagas PT Trans Continent ini sebagai bentuk pertemuan para Saudagar Aceh.

Pertemuan pertama ini digelar di kantor PT Trans Continent Gampong Beurandeh Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar hari Selasa (2/05/23), kemarin. Acara ini di ikuti oleh ratusan pengusaha Aceh dari berbagai kelas, mulai mikro, kecil, menengah, dan besar yang bertujuan menjadi ajang silaturahmi, membuka jaringan (networking) dan pangsa pasar di level lokal, regional, nasional, hingga internasional.

"Saya berharap dan berikhtiar untuk mendorong kegiatan silaturrahim pertemuan ini menjadi "entry point" dan kebangkitan kembali wirausahawan/UMKM Aceh di pentas nasional dan global," kata Ketua Umum PP Taman Iskandar Muda, Muslim Armas saat membuka pertemuan dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu (3/5/23).

Menurutnya, setelah pertemuan di Aceh ini, pihaknya berencana akan menggelar pertemuan lanjutan, sekaligus expo hasil bumi dan kerajinan Aceh di Jakarta. “Insya Allah nanti kita akan agendakan pertemuan rutin di Aceh dan Jakarta, untuk bersama-sama berupaya bagaimana agar produk-produk kerajinan Aceh bisa dipasarkan di tingkat nasional dan global,” ujar Muslim Armas yang juga pengusaha asal Pidie.

Muslim Armas menegaskan, ABF ini merupakan organisasi independen, tidak berafiliasi dengan partai politik manapun, mengedepankan prinsip pluralisme dan kesetaraan/egaliter, dengan fokus pada "business oriented" untuk kemajuan dunia usaha/UMKM Aceh.

Baca juga : Ini Cara Gunakan Gudang Lagu Prima MP3 Untuk Dengarkan Musik Favorit

Hadir pada acara tersebut Wakil Rektor Universitas Syiah Kuala Bidang Perencanaan, Kemitraan, dan Bisnis, Dr. Ir. Taufiq S., M.Eng., IPU, dan Guru Besar Jurusan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK Prof.Dr. Apridar, S.E.,M.Si, beserta jajaran USK.

CEO PT Trans Continent, Ismail Rasyid yang juga Wakil Ketua PP TIM dalam sambutannya mengatakan, ada dua tujuan utama dari pertemuan ini.
Pertama, sebagai ajang silaturahim antarpara pengusaha Aceh.

"Kedua, untuk membentuk lembaga Aceh Bisnis Forum yang akan menjadi wadah bagi para pengusaha Aceh dalam membangun jaringan dan pasar hingga ke level nasional dan internasional," ungkapnya.

Di sela-sela kegiatan yang berlangsung hingga sore itu, juga dilaksanakan penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara Universitas Syiah Kuala dengan PT Trans Continent, sebagai bagian dari implementasi Kampus Merdeka.


Ketua Bidang Pengembangan Ekonomi dan Usaha PP TIM, Munzir Al Munir SE mengatakan, Aceh Business Forum yang dibentuk dalam pertemuan tersebut merupakan suatu wadah perhimpunan para wirausahawan/UMKM Aceh untuk membangun jaringan (networking) seluruh Indonesia dan juga pasar global. 

Baca juga : Bank DKI Dinobatkan Sebagai The Best Conventional Bank

"ABF ini terlahir dari gagasan Bidang Pengembangan Ekonomi & Usaha (BPEU) Pimpinan Pusat Taman Iskandar Muda (PP TIM) untuk memfasilitasi semua pelaku UMKM Aceh menuju pasar nasional dan global," kata Munzir Al Munir.

Dalam perjalanannya, kata Munzir, gagasan ini ditopang oleh empat pilar yaitu, PP TIM, Pelaku wirausahawan/UMKM Aceh, Universitas Syiah Kuala (USK), dan Ikatan Alumni USK Jabodetabek. 

“Pada kesempatan ini, Ismail Rasyid, SE, pengusaha nasional multimoda transport  PT. Trans Continent (Royal Group), yang juga ketua Ikatan Alumni USK Jabodetabek, memprakarsai kegiatan pertama pertemuan pengusaha ini,” kata Munzir.

Dikatakan, Muslim Armas yang saat ini Ketua Umum PP TIM (Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda) juga merupakan pengusaha nasional asal Aceh, turut 
mendorong kegiatan silaturrahim ini dan berikhtiar menjadi "entry point" kemajuan wirausahawan/UMKM Aceh di pentas nasional dan global.

“Keyakinan ini menjadi bukan sekedar “cet langet” karena dukungan oleh pelaku dunia usaha dan akademisi USK yang merupakan Jantoeng Hate Rakyat Aceh,” kata Munzir.

Baca juga : Penuhi Panggilan KPK, Rafael Alun Pake Jurus Mingkem

Menurutnya, para wirausahawan/UMKM Aceh sangat antusias menyambut pembentukan Aceh Bisnis Forum. Di dalamnya ada anak-anak muda Aceh pelaku UMKM yang sudah eksis di Jakarta, seperti Firmansyah Asnawi (Bisatopup), Roza Sahputra, dan lainnya.

Di samping itu, pelaku UMKM di Aceh seperti Usuluddin, Doddy Minyeuk Pret, Khairul Ija Krong, Azwir Nazar Cahaya Aceh, Nazar Nyak Baeek (Tour/Travel), Jidat Aceh Coffee Land, dan banyak lainnya. 

"Setelah pertemuan silaturrahmi ini akan ada agenda yang sama di Jakarta, sehingga terbangun sinergitas yang komprehensif antara pelaku wirausahawan nasional dan daerah Aceh," ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.