Dark/Light Mode

BI Dan BNM Resmi Interkoneksikan Pembayaran QR Code

Senin, 8 Mei 2023 18:22 WIB
Kerja sama Bank Indonesia dan Bank Negara Malaysia.dalam hal pembayaran QR code. (Foto: dok. BI)
Kerja sama Bank Indonesia dan Bank Negara Malaysia.dalam hal pembayaran QR code. (Foto: dok. BI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM) sepakat mengimplementasi interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Malaysia menggunakan QR (Quick Response) Code.

Peluncuran ini merupakan tindak lanjut dari fase uji coba yang telah sukses dilakukan sejak 27 Januari 2022. Interkoneksi pembayaran dengan menggunakan QR Code ini melibatkan partisipasi sejumlah lembaga keuangan, termasuk lembaga selain bank, yang semakin bertambah.

Baca juga : ASDP Dan Tim Gabungan Berhasil Padamkan Kebakaran KMP Royce 1

Hal ini memungkinkan lebih banyak penduduk Indonesia dan Malaysia untuk melakukan pembayaran ritel di kedua negara dengan cara memindai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau DuitNow QR Code di toko atau pedagang fisik maupun online, yang menggunakan layanan dari penyedia jasa pembayaran yang berpartisipasi dalam skema ini.

Gubernur BI Perry Warjiyo menegaskan, terhubungnya pembayaran QR lintas negara antara Indonesia dan Malaysia merupakan bukti nyata penguatan kerja sama dalam kerangka Regional Payment Connectivity (RPC).

Baca juga : DWP BSKDN Kemendagri Usung Program Pemberdayaan Perempuan

“Tujuannya, untuk mendorong pembayaran lintas negara yang lebih cepat, lebih murah, lebih transparan, dan lebih inklusif, terutama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah,” ungkap Perry dalam keterangan resmi, Senin (8/5).

Interkoneksi ini juga sejalan dengan inisiatif G20 dalam mengembangkan Peta Jalan Penguatan Pembayaran Lintas Batas, sekaligus menjadi sebuah capaian yang signifikan dari Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023. Serta menjadi milestone implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.