Dark/Light Mode

Surge Gaet Fujian Taikuk Kembangkan Layanan 5G FWA

Rabu, 10 Mei 2023 18:10 WIB
Penandatangan kerja sama PT Solusi Sinergi Digital Tbk-SURGE dengan Fujian Taikuk Technology Investment Co.,Ltd. (Foto: Ist)
Penandatangan kerja sama PT Solusi Sinergi Digital Tbk-SURGE dengan Fujian Taikuk Technology Investment Co.,Ltd. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Solusi Sinergi Digital Tbk-Surge bekerja sama dengan Fujian Taikuk Technology Investment Co.,Ltd mengembangkan layanan 5G Fixed Wireless Access (FWA).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan Strategic Cooperation Framework Agreement kedua perusahaan pada acara China (Fujian)-Indonesia “Two Countries, Twin Parks” Economic and Trade Cooperation Promotion Conference yang bertempat di Ballroom Shangrila Jakarta. 

Baca juga : Kemenangan Harga Mati

Penandatanganan dilakukan oleh Presiden Direktur Surge Hermansjah Haryono dan Chairman of Fujian Taikuk Technology Investment Co Ltd. Zheng Tianyi. Acara ini disaksikan juga oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Secretary of Fujian Provincial Committee, Zhou Zuyi.

Kerja sama yang terjalin anatara Surge dan Fujian Taikuk Technology Investment ini bertujuan untuk mengembangkan layanan 5G Fixed Wireless Access (FWA) dengan memanfaatkan infrastruktur serat optik yang telah dimiliki Surge sepanjang jalur kereta di Pulau Jawa. Layanan ini akan mempenetrasi lebih dari 40 juta rumah tangga yang akan mampu dirasakan sekitar 140 juta jiwa penduduk yang bertempat tinggal di sepanjang jalur kereta. 

Baca juga : Pejabat dan Pegawai Kemenko Marves Tunaikan Zakat Melalui BAZNAS

Adapun nilai investasi pada kerja sama ini mencapai 1 miliar dolar AS yang ditujukan untuk menyediakan layanan konektivitas yang handal dan terjangkau bagi masyarakat di Pulau Jawa melalui Fixed Wireless Access, membangun Ultimate Data Backbone di Pulau Jawa, serta memberikan proteksi tambahan bagi jaringan infrastruktur serat optik Surge. Adapun potensi pendapatan maksimum atas proyek ini mencapai 1,2 miliar dolar AS per tahun.

“Fujian Taikuk Technology Investment merasa terhormat mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan Surge. Kami akan memanfaatkan keahlian dan jaringan kami untuk mengembangkan teknologi dan pembiayaan China untuk mendukung proyek jaringan komunikasi milik Surge,” ujar Zheng Tianyi.

Baca juga : Libur Lebaran, Pegadaian Ajak Masyarakat Optimalkan Layanan Digital

Hermansjah Haryono mengatakan, tercapainya kerja sama ini merupakan kebanggaan sekaligus milestone bagi perseroan untuk dapat menghadirkan layanan konektivitas yang handal dan terjangkau oleh masyarakat. Dengan dukungan dari Fujian Taikuk Technology Investment, pihaknya optimis dapat merealisasikan pembangunan infrastruktur Fixed Wireless Access ini yang akan memberikan manfaat bagi sekitar 10 juta rumah tangga di Jawa.

“Kami juga sedang berdiskusi dengan para operator dalam mengoptimalkan potensi 5G FWA ini,” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.