Dark/Light Mode

Telkomsel Bantu Digitalisasi Angkutan BBM Pertamina

Senin, 2 September 2019 21:16 WIB
Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini (kanan) dan Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Nina Sulistyowati (kiri) usai penandatanganan nota kesepahaman di Gedung Telkomsel, Jakarta, Senin (2/9).
Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini (kanan) dan Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Nina Sulistyowati (kiri) usai penandatanganan nota kesepahaman di Gedung Telkomsel, Jakarta, Senin (2/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Telkomsel terus memperkuat komitmennya dalam melakukan digitalisasi di berbagai industri. Salah satunya melalui penerapan teknologi Internet of Things (IoT).  

Kali ini, solusi IoT Telkomsel Fleetsight dipercaya oleh Pertamina Patra Niaga yang bergerak dalam bidang usaha sektor hilir industri minyak dan gas, untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi lebih dari 1.800 unit truk tangki BBM. 

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Dirut Telkomsel Emma Sri Martini dan Dirut Pertamina Patra Niaga Nina Sulistyowati di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Senin (2/9).

Baca juga : Kementan Kebut Bangun Mekanisasi Pertanian 4.0

Penjajakan kerja sama Pertamina Patra Niaga dengan Telkomsel yang diawali dengan penadantanganan MoU ini akan meliputi tiga fase. Tahap pertama merupakan pemasangan Telkomsel FleetSight yang siap beroperasi pada September  hingga Oktober 2019. 

Tahap kedua dan ketiga merupakan peningkatan fitur Telkomsel Fleetsight dengan mengintegrasikan beberapa sensor tambahan yang dirancang mengidentifikasi parameter tambahan. Seperti temperatur rem kendaraan, kekentalan oli mesin, dan tekanan pada ban.

Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martinimengatakan, dengan penggunaan Telkomsel FleetSight pada kendaraan operasional truk pengangkut BBM, Pertamina akan mendapatkan manfaat terkait kemudahan dalam memonitor kendaraan, meningkatkan produktivitas, menekan biaya operasional. Hal ini sekaligus menjaga  keselamatan karyawan dalam bekerja.

Baca juga : Pertamina Kembangkan Bisnis Digitalisasi Hulu Sampai Hilir

Menurut dia, Telkomsel FleetSight menghadirkan solusi IoT terkini untuk aset-aset bergerak termasuk memonitor dan mengontrol armada kendaraan dengan menyematkan perangkat telematika berbasis satelit yang diintegrasikan dengan berbagai jenis sensor atau peralatan tambahan pada kendaraan. Teknologi ini mampu merekam semua paramater mobilitas aset dan sekaligus menyediakan informasi ini kepada pengguna baik dalam bentuk insightmaupun data, seperti pilihan rute, jam operasional kendaraan, perilaku mengemudi, hingga mengukur batas kecepatannya.

Melalui perjalanan kendaraan yang lebih efisien, Telkomsel FleetSight juga berkontribusi membuat kendaraan dapat lebih ramah lingkungan karena mampu mengurangi emisi hasil pembakaran (carbon footprint).“Di era Industri 4.0 seperti sekarang ini, perusahaan dituntut untuk dapat mengadopsi inovasi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan,” ujar Emma.

Menurut dia, menghadirkan layanan dan solusi digital yang komprehensif dan berkelanjutan merupakan komitmen Telkomsel dalam mengakselerasikan ekosistem digital di Indonesia. “Semoga kolaborasi ini dapat menginspirasi berbagai industri lainnya dalam mengimplementasikan teknologi digital. Karena penguasaan teknologi menjadi kunci penentu bagi Indonesia untuk bisa bersaing di era Industri 4.0", tutup Emma. 

Baca juga : Telkomsel Bangun Ekosistem Digital Di Daerah Calon Ibukota Baru

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga  Nina Sulistyowati berharap, sinergi kerja sama ini tidak hanya berkontribusi positif terhadap operasional Pertamina, namun juga berdampak positif bagi akselerasi efisiensi distribusi agar persediaan BBM dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia hingga ke pelosok Tanah Air. “Di era Industri 4.0 seperti sekarang ini, perusahaan memang dituntut  mengadopsi inovasi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan,” tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.