Dark/Light Mode

Melesat 55 Persen, Angkasa Pura I Layani 5,3 Juta Penumpang Di April 2023

Selasa, 16 Mei 2023 14:48 WIB
Bandara milik Angkasa Pura I. (Foto: Dok. Angkasa Pira I)
Bandara milik Angkasa Pura I. (Foto: Dok. Angkasa Pira I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I terus menunjukkan kinerja positifnya di sepanjang 2023 ini. Perusahaan mencatat telah melayani 5,3 juta penumpang di April 2023. Angka ini mengalami pertumbuhan 55 persen dibandingkan April 2022 yang mencapai 3,4 juta penumpang.

Sementara untuk pergerakan pesawat udara, Angkasa Pura I mencatat melayani sebanyak 44.988 pergerakan atau tumbuh sebesar 11 persen dibandingkan dengan jumlah pergerakan pesawat pada periode yang sama pada tahun lalu mencapai 40.572 pergerakan.

Baca juga : Optimalisasi Aset, Angkasa Pura I Sulap Eks Bandara Selaparang Jadi Sirkuit MXGP

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengaku sangat bangga dan bersyukur Angkasa Pura I tetap mempertahankan pertumbuhan double digit atau di atas rata-rata pertumbuhan industri aviasi.

"Ini menjadi tren positif karena perusahaan terus memberikan performa yang baik sepanjang 2023," kata Faik dalam keterangan resminya, Selasa (16/5).

Baca juga : Angkasa Pura I Siapkan 36 Parkir Pesawat Di Empat Bandara

Faik merinci 5,3 juta penumpang pada April terdiri dari 4,2 juta penumpang rute domestik dan 1,1 juta penumpang rute internasional. Khusus penumpang rute internasional, jumlahnya terus mengalami peningkatan setiap bulannya sesuai dengan pertumbuhan penumpang internasional se-Indonesia.

Hal ini sesuai dengan data yang disampaikan International Air Transport Association (IATA) bahwa pada Januari-Februari 2023, Indonesia merupakan negara yang memiliki recovery rate penumpang internasional tertinggi di region Asia Pasifik.

Baca juga : Melesat 132 Persen, Bank Mandiri Targetkan Kartu Kredit Tumbuh 35-40 Persen Di 2023

Pertumbuhan recovery rate penumpang internasional Indonesia di atas Thailand, salah satu negara yang memiliki jumlah penumpang internasional terbesar di Asia Pasifik.

"Ini menjadi pertanda baik bahwa Angkasa Pura I sebagai gerbang udara domestik maupun internasional harus selalu menjaga pertumbuhan double digit dengan terus menjaga dan meningkatkan service excellence kepada seluruh pengguna jasa bandara," pungkas Pandu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.