Dark/Light Mode

Keterisian Capai 90 Persen

Libur Lebaran Kerek Okupansi Hotel BUMN

Minggu, 30 April 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour, Christine Hutabarat. (Foto: Ist).
Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour, Christine Hutabarat. (Foto: Ist).

RM.id  Rakyat Merdeka - Libur Lebaran memberikan dampak positif terhadap bisnis perhotelan. Hal itu bisa dilihat dari keterisian/okupansi Hotel milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mencapai 90 persen pada momen tersebut.

Hotel BUMN yang berhasil meraup cuan dari momen libur Lebaran yakni hotel-hotel yang dioperasikan PT Hotel Indonesia Group (HIG), anak perusahaan PT Hotel Indonesia Natour (HIN) dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Direktur Utama HIN Christine Hutabarat mengatakan, libur Lebaran merupakan momen yang ditunggu oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, momentum ini diharapkan menjadi titik balik bagi akselerasi pemulihan pariwisata, setelah pandemi Covid-19. Makanya, tak heran jika daerah wisata di seluruh Indonesia dipenuhi para wisatawan. Hal ini berdampak positif pada okupansi hotel.

Baca juga : Katering Jemaah Haji 30 Persen Produk Indonesia

“Pada libur Lebaran ini, peningkatan okupansi dialami pada mayoritas hotel jaringan HIG yang tersebar di seluruh Indo­nesia,” ungkap Christine ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Christine memaparkan, mendekati waktu Lebaran, okupansi hotel rata-rata berada di kisaran 60-70 persen. Hal ini didorong oleh kenaikan jumlah kunjungan wisatawan dan beragam promo menarik yang ditawarkan pihaknya. Selain itu, ditopang pelayanan prima dan fasilitas lengkap yang ditawarkan tiap unit hotel. Berbagai faktor itu terbukti menjadi daya tarik wisatawan untuk menghabiskan momen libur Lebaran di hotel jaringan HIG.

“Sejauh ini okupansi hotel di Bali masih yang tertinggi dengan rata-rata keterisian mencapai 90 persen. Ini karena Bali memang menjadi tujuan wisata libur Lebaran,” katanya.

Baca juga : Operasional MRT Jakarta Selama Libur Lebaran, Cek Disini Jam Operasionalnya

Terlebih lagi, kunjungan wisatawan domestik ke Bali naik sekitar 40 persen selama libur Lebaran dibandingkan dengan kunjungan pada hari normal.

Selain Bali, lanjut Christine, wilayah Yogyakarta menjadi pri­madona masyarakat untuk berli­bur. Oleh karena itu, salah satu hotel HIN di Yogyakarta tengah direnovasi, untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas layanan.

“Kami memperhatikan standarisasi dari setiap hotel yang ada agar memiliki layanan yang sama baiknya. Salah satunya, yang kami renovasi hotel di Yogyakarta,” terangnya.

Baca juga : KAI Sediakan Vaksin Booster Gratis Untuk Pemudik

Menurutnya, dibutuhkan wak­tu satu tahun untuk menyelesaikan renovasi hotel tersebut. Pihaknya juga berencana untuk meng-upgrade hotel-hotel bin­tang tiga lainnya, seperti yang ada di daerah Sumatera.

“Reservasi di hotel bintang 3 biasanya dilakukan wisatawan di-last minute. Dan ternyata tingkat okupansinya juga baik,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.