Dark/Light Mode

2 Hari Lebaran, AP I Layani 310 Ribu Penumpang

Selasa, 25 April 2023 19:06 WIB
Penumpang yang memenuhi bandara milik Angkasa Pura I di saat mudik Lebaran pada Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Dok. Angkasa Pura I)
Penumpang yang memenuhi bandara milik Angkasa Pura I di saat mudik Lebaran pada Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I melayani sebanyak 310.054 penumpang selama Hari Raya Idul Fitri 2023/144H yang jatuh pada Sabtu-Minggu 22-23 April 2023 (H1 dan H2 Lebaran).

Angkasa Pura I juga mencatat melayani sebanyak 2.397 pesawat udara di 15 bandara yang dikelola selama dua hari Lebaran.

Selama dua hari Lebaran di 2023, jumlah pergerakan penumpang mengalami peningkatan sebesar 28 persen dibandingkan dengan jumlah pergerakan penumpang pada dua hari Lebaran di 2022 sebanyak 242.227 pergerakan.

Baca juga : Lebaran H+2, ASDP Seberangkan 88.758 Penumpang dari Bakauheni ke Merak

Sedangkan untuk pergerakan pesawat udara mengalami peningkatan sebesar 12 persen dibandingkan jumlah pergerakan pesawat udara pada periode yang sama di tahun 2022, sebanyak 2.146 pergerakan.

"Selama dua hari Lebaran di tahun 2023 ini, kami mencatat terdapat angka pertumbuhan pergerakan penumpang dan pesawat udara yang cukup bagus dibandingkan dengan tahun lalu," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan yang diterima RM.id, Selasa (25/4).

Faik menambahkan, pergerakan itu masing-masing 28 persen untuk pergerakan penumpang dan 12 persen untuk pergerakan pesawat udara.

Baca juga : Silaturahmi Lebaran, Prabowo Hormat Dan Cium Tangan Seniornya

"Angka pergerakan penumpang dan pesawat udara di hari kedua Lebaran bahkan meningkat dibandingkan dengan hari pertama," ujar Faik.

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa mobilitas masyarakat Indonesia selama Lebaran masih tetap tinggi, baik itu untuk tujuan arus mudik dan arus balik, serta untuk menghabiskan masa libur Lebaran.

Lebih lanjut Faik menjelaskan, tiga bandara AP I dengan jumlah pergerakan penumpang tertinggi selama dua hari Lebaran 2023 (22-23 April), yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 123.678 pergerakan penumpang, Bandara Juanda Surabaya dengan 59.924  penumpang, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 36.007 penumpang.

Baca juga : Rakyat Afghanistan Lebaran Di Tengah Pengamanan Ketat

"Untuk puncak arus balik, kami memprediksi akan terjadi pada Selasa, 25 April 2023 dengan angka proyeksi 220.000 pergerakan penumpang dan 1.800 pergerakan pesawat udara," ujar Faik.

Menurutnya, berkaca pada realisasi pergerakan penumpang dan pesawat udara pada arus mudik di tanggal 19 April lalu yang lebih tinggi dibandingkan proyeksi.

"Kemungkinan besar realisasi angka pergerakan penumpang dan pesawat udara pada puncak arus balik juga akan lebih tinggi dari angka proyeksi," pungkas Faik. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.