Dark/Light Mode

Jasa Tirta II Dukung Kemakmuran Rakyat Melalui Ketahanan Air dan Kedaulatan Energi

Rabu, 4 September 2019 21:44 WIB
Direktur Jasa Tirta II U Saefudin Noer (kanan, depan) bersama tim gabungan saat melakukan inspeksi saluran air, Kamis (16/5/2019). (Foto: Humas Jasa Tirta II)
Direktur Jasa Tirta II U Saefudin Noer (kanan, depan) bersama tim gabungan saat melakukan inspeksi saluran air, Kamis (16/5/2019). (Foto: Humas Jasa Tirta II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama Jasa Tirta II U. Saefudin Noer menegaskan, pihaknya terus berupaya melakukan transformasi di bidang pengusahaan dan pengelolaan sumber daya alam (SDA). Tujuannya, apa lagi kalau bukan memakmurkan rakyat melalui ketahanan energi, air, dan pangan.

"Sebagai mitra strategis pemerintah dalam pengusahaan dan pengelolaan SDA, kami terus mengupayakan agar sektor SDA benar-benar dapat memakmurkan rakyat di bidang ketahanan energi, ketahanan air, dan kedaulatan pangan melalui konsep one river one management oleh BUMN. Sehingga, peningkatan dan pemerataan kesejahteraan bagi seluruh pemanfaat SDA dapat tercapai", kata Saefudin.

Baca juga : Musim Kemarau, Waspadai Kenaikan Harga Pangan

Program Konservasi Sungai dengan Biogas ini seperti kita selain memberikan dampak pada peningkatan kualitas air sungai Citarum, Program Konservasi Sungai dengan Biogas ini juga dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi para peternak.

Peternak mendapatkan manfaat dan keuntungan dari keberadaan biogas, untuk akses energi yang digunakan sebagai bahan bakar masak dan penerangan.

Baca juga : Cari Bibit Unggul, Kemenpora Gelar Kejuaraan Angkat Besi Yunior Internasional

"Petani sapi mendapat keuntungan berupa penghematan karena konversi dari LPG ke Biogas, juga pupuk dan hasil ternak cacing dari bio-slurry. Jadi, masyarakat terlibat dalam pemeliharaan sumber daya air dan kedaulatan energi," terang Saefudin.

Terkait penghargaan dari ASEAN Energy Awards, Saefudin mengatakan pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program Konservasi Sungai dan Biogas, serta berharap untuk terus dikembangkan lebih luas lagi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.