Dark/Light Mode

Batik Solo Bakal Hiasi Mobil Listrik Hyundai, Tunggu Peluncurannya Di GIIAS

Selasa, 30 Mei 2023 19:44 WIB
Wakil Duta Besar RI Zelda Wulan Kartika (kanan) bersama Founder & Chairman FPCI Dino Pati Djalal dalam pertemuan bersama 14 jurnalis peserta The Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea di Kantor KBRI Seoul, Selasa (30/5). (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka/RM.id)
Wakil Duta Besar RI Zelda Wulan Kartika (kanan) bersama Founder & Chairman FPCI Dino Pati Djalal dalam pertemuan bersama 14 jurnalis peserta The Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea di Kantor KBRI Seoul, Selasa (30/5). (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan (Korsel) Zelda Wulan Kartika menyampaikan kabar membanggakan, soal promosi batik Indonesia yang semakin mengglobal.

Dalam pertemuannya dengan 14 peserta The Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea yang juga dihadiri Founder & Chairman Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Pati Djalal dan Direktur Korea Foundation Choi Hyunsoo di Kantor KBRI Seoul pada hari ini, Zelda mengungkap, batik Solo akan menghiasi mobil listrik terbaru bikinan Korsel, Hyundai.

Mobil listrik motif batik Solo itu, akan diluncurkan dalam pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus mendatang.

Baca juga : Anies, Ditunggu Luhut Tuh...

Ini tentu saja sangat membanggakan, karena batik Indonesia akan semakin go international. Hubungan Indonesia-Korsel, yang tahun ini akan merayakan ulang tahun hubungan diplomatik ke-50, juga akan semakin erat.

Kenapa batik Solo yang terpilih, dari sekian banyak koleksi batik Nusantara semisal batik Megamendung (Jawa Barat), batik Gentongan (Madura), batik Parang (Jawa)?

Soal ini, Wakil Duta Besar Republik Indonesia Zelda Wulansari mengatakan, batik Solo terpilih karena alasan sederhana. Tidak dilatari motif apa pun.

Baca juga : SPKLU PLN Di Jalur Utama Mudik Siap Ngecas Mobil Listrik, Ini Lokasinya

"Karena waktu itu, yang bersedia adalah Bapak Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Dia menyatakan kesiapannya, langsung oke. Nggak pakai macam-macam. Yang begitu, cuma Wali Kota Solo. Yang lainnya, agak susah pendekatannya. Jadi ya sudah kita okein aja. Ini nggak ada kaitannya dengan politik ya?" jelas Zelda, Selasa (30/5).

"Jangan dikaitkan dengan 2024. Benar-benar as simple as that. Kita hanya berusaha mempromosikan batik," imbuhnya.

Namun, Zelda belum mau mengungkap motif batik Solo apa yang akan menghiasi mobil listrik Hyundai.

Baca juga : Siagakan 14 Rest Area Mobil Listrik Pemudik, Ini Titik Lokasinya

"Tunggu Agustus ya. Saya tidak boleh membocorkan," ucapnya.

Tak menutup kemungkinan, batik jenis lain seperti Megamendung dan lainnya, juga akan dipromosikan seperti itu. Sehingga bisa semakin dikenal warga dunia.

"Kita maunya juga seperti itu. Kita tunggu dulu peluncuran perdananya Agustus nanti," pungkas Zelda. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.