Dark/Light Mode

Terapkan Praktik Pelayanan Pelanggan Terbaik, Merek Ternama Raih Apresiasi

Jumat, 2 Juni 2023 15:16 WIB
Indonesia Customer Service Quality Award 2023 mengapresiasi merek-merek yang berhasil melakukan praktik pelayanan pelanggan. (Foto: Istimewa)
Indonesia Customer Service Quality Award 2023 mengapresiasi merek-merek yang berhasil melakukan praktik pelayanan pelanggan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingginya peran peran customer service yang semakin krusial, SWA Media dan Business Digest menggelar ajang ‘Indonesia Customer Service Quality Award 2023’ untuk mengapresiasi merek-merek yang berhasil melakukan praktik pelayanan pelanggan dengan kualitas yang mampu memuaskan kebutuhan pelanggannya.

Group Chief Editor SWA Media Group Kemal E Gani menjelaskan, penghargaan ini diberikan berdasarkan survei yang dilakukan di 6 kota.

Survei tersehut dilakukan di Medan, Bandung, Jabodetabek, Semarang, Surabaya dan Makassar dengan metodologi wawancara face to face kepada 5 ribu pengguna merek yang merupakan user dari berbagai sektor produk dan jasa.

Baca juga : PPPOMN Gelar Forum Konsultasi Publik

“Hasil survei tersebut didapat dengan menilai pengalaman responden terhadap merek yang pernah digunakan. Adapun acuan penilaian yang digunakan meliputi aspek Reliability, Assurance, Tangible, Empathy dan Responsiveness,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (2/6).

Tak hanya itu, acara puncak penghargaan dimulai dengan webinar bertajuk ‘Building Customer Service Excellence in the Fast Changing Era’ dengan menghadirkan tiga sosok pembicara andal, yaitu Deputy President Director PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Armand W Hartono, CEO KMN EyeCare Rudy C Susilo, CEO & President Director Timezone Indonesia Naveen H.

Dalam kesempatan tersebut, pembicara berbagi pengalaman dalam melakukan inisiasi maupun inovasi ketika membangun customer service sehingga bisa memenangkan persaingan pasar.

Baca juga : Kemenhub Siapkan Pelayanan Maksimal Bagi Jemaah Haji

Dalam paparannya, Armand membeberkan kunci membangun customer service yakni, terpaksa, dipaksa, terbiasa.

Hal ini dikatakannya berdasarkan pengalamannya membangun customer service di BCA yang terus menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan konsumen.

“Tantangan selalu hadir di segala era dengan rupa yang berbeda-beda. Namun satu hal yang tak pernah berubah adalah komitmen BCA sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi kebutuhan nasabah,” kata Armand.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.