Dark/Light Mode

Gelaran Hack4ID Dorong Anak Muda Rumuskan Ide Solusi Digital

Senin, 5 Juni 2023 09:55 WIB
Acara Hack4ID di Ruang Serba Guna Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (USU). (Foto: Istimewa)
Acara Hack4ID di Ruang Serba Guna Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (USU). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Gerakan Nasional 1000 Startup menggelar #Hack4ID sektor sasaran bidang logistik di Ruang Serba Guna Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (USU) akhir pekan lalu.

Acara diikuti 64 orang peserta yang berasal dari mahasiswa USU.

Adapun tujuan dari pelaksanaan #Hack4ID ini adalah untuk menggali potensi ide solusi digital dari peserta yang diharapkan dapat membantu memecahkan permasalahan industri bidang penyimpanan hingga penyaluran barang dan jasa serta membangun kolaborasi dengan pelaku industri di Indonesia.

Sejalan dengan visi “Mendukung Akselerasi Transformasi Digital” yang telah dideklarasikan oleh Presiden Jokowi untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia, Kemenkominfo berkolaborasi dengan para penggerak ekosistem digital menginisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital untuk meningkatkan jumlah kewirausahaan ekonomi digital di Indonesia.

Baca juga : Para Renang Tambah 5 Medali Emas Indonesia Di APG 2023 Kamboja

Kepala Badan Pengembangan Riset dan Inovasi USU, Buchari, S.T. menjelaskan, kegiatan #Hack4ID sangat penting untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan kemampuan anak muda khususnya pelaku ekonomi digital untuk menghadapi tantangan dalam dunia industri.

“Kami berharap seluruh peserta dapat berkontribusi secara aktif dalam kegiatan ini hingga menghasilkan ide-ide inovatif sebagai prototipe bisnis dan dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa dan negara,” ujar Buchari dalam keterangannya, Minggu (4/6).

Kegiatan dilanjutkan sesi keynote speech yang dibawakan  Manager IP & Service Node Operation Telkom Indonesia, Erikson Sirait yang berbicara mengenai tantangan yang dihadapi Telkom dalam proses digitalisasi, inisiasi apa saja yang sudah dilakukan untuk menghadapi tantangan yang ada, dan Inovasi digital yang dibutuhkan industri saat ini.

Erikson menambahkan Telkom juga turut membantu masyarakat yang memiliki ide solusi dalam hal Digital Service untuk bisa diwujudkan.

Baca juga : Erick: BUMN Dorong Kemajuan Musik Dan Seni Indonesia

“Telkom sangat support bagi teman-teman yang punya ide di sisi digital services bisa kita fasilitasi dari optimalisasi digital platform sampai connectivity-nya," terang Erikson dalam keterangannya, Minggu (4/6).

Kegiatan workshop yang dibawakan Product Analyst DANA, Farkhan Khairullah Amril dengan tema “Problem Solution Fit”.

Farkhan menjelaskan perjalanan sebuah produk hingga menjadi solusi bagi masyarakat. Ia menjelaskan bagaimana cara menemukan dan memahami suatu masalah, lalu menentukan prioritas langkah mana yang harus diambil dalam menciptakan sebuah solusi hingga akhirnya mengubah masalah tersebut menjadi kesempatan.

“Pada intinya, produk yang baik itu harus bisa memecahkan masalah bagi penggunanya tanpa meninggalkan nilai bisnis dari produk tersebut,” jelas Farkhan.

Baca juga : Ganjar Dorong Gen Z Rawat Dan Kembangkan Seni Budaya Indonesia

Sesi terakhir #Hack4ID adalah Team Working/Mentoring yang dibawakan Faizah selaku Research & Curriculum Development 1000 Startup Digital dan dibantu  mentor-mentor yang akan memandu peserta dalam menemukan solusi.

#Hack4ID ini merupakan program Hackathon yang diinisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, sebagai salah satu rangkaian program pendukung pada tahapan pelaksanaan program 1000 Startup.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di 13 HUB pelaksana Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Kegiatan Hackathon dengan tujuan untuk membantu peserta menciptakan ide solusi yang sesuai dengan kebutuhan industri dalam menanamkan pola pikir kewirausahaan kepada masyarakat umum.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.