Dark/Light Mode

Lebih Menarik Ada Wahana Baru, Jakarta Fair 2023 Siap Digelar

Rabu, 7 Juni 2023 17:35 WIB
Konferensi pers Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran 2023. (Foto: Dede/RM)
Konferensi pers Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran 2023. (Foto: Dede/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran kembali digelar.  Event pameran dan hiburan terbesar di Asia Tenggara ini akan dilaksanakan selama 33 hari, 14 Juni hingga 16 Juli 2023. Kegiatan ini diinisiasi Jakarta International Expo (JIExpo) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Tahun ini, ajang yang diadakan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta ke-496 hadir dengan nuansa baru dan konten acara yang lebih menarik. Digelaran ke-54 akan menghadirkan berbagai macam produk dan hiburan. Tahun ini juga akan ada wahana rumah hantu.
 
Ralph Scheunemann, Direktur Marketing JIExpo mengatakan, Jakarta Fair tahun ini diikuti oleh 2.500 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.500 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan diskon khas Jakarta Fair.

"Para peserta berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, usaha kecil, BUMN, serta anjungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dari berbagai penjuru tanah air. Dengan komposisi presentase peserta yakni 60 persen dari sektor swasta dan 40 persen dari sektor UMKM," kata Ralph, Rabu (7/6).

Jakarta Fair 2023 akan semakin meriah dengan melimpahnya hiburan yang disajikan. Seperti parade karnaval, wahana permainan anak, kontes Miss Jakarta Fair, serta pesta kembang api spektakuler yang sudah menjadi ciri khas penyelenggaraan event ini.

Baca juga : Selangkah Lagi, Al-Quran Terjemahan Bahasa Gayo Dicetak

"Selain itu, salah satu acara yang paling ditunggu oleh para pengunjung yakni konser musik Jakarta Fair. Pada tahun ini konser musik akan digelar rutin selama 32 hari kecuali pada saat malam takbiran Idul Adha," ujarnya.

Salah satu keunikan konser musik Jakarta Fair yakni menampilkan sajian musik lintas genre, mulai dari Rock, Pop, Jazz, Balad, Dangdut, Koplo, Reggae, Alternative, hingga musik punk. Sejumlah band dan musisi top papan atas Indonesia dijadwalkan akan tampil di Konser Musik Jakarta Fair 2023 diantaranya adalah Slank, Padi Reborn, D’Masiv, Fortwnty, Tipe-X, Armada, Kangen Band, Fiersa Besari, Maliq n D’Essentials, Tonny Q, Rizky Febian, Raisa, The Sigit dan musisi top lainnya.

Oki asetiawan, General Manager Operation JIExpo menambahkan, untuk memudahkan para pengunjung dan mengantisipasi kepadatan kendaraan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Akan ada empat rute Transjakarta yang akan menuju JIExpo Kemayoran," ujarnya.

Baca juga : Penguatan Budaya RUU Kekhususan, Jakarta Diprediksi Tetap Jadi Magnet

Keempat rute tersebut, PRJ 1 yang berangkat dari Halte PGC, PRJ 2 yang start dari Halte Matraman Baru, PRJ 3 yang mulai dari Halte Pulogadung dan dan Rute 2C dari Halte Balaikota.

"Semua rute ini, rute umum, berhenti di setiap halte yang dilewati," jelas Oki.

Diungkap dia, di event kali ini juga akan ada wahana rumah hantu oleh Rumah Hantu Indonesia dan Jurnalrisa. Selain itu akan banyak kendaraan listrik, baik roda dua maupun roda empat yang akan hadir.

"Konser kali ini juga berbeda, jika sebelumnya dalam satu hari hanya satu artis/band yang tampil, kali ini satu hari ada tiga artis/band," ucapnya.

Baca juga : BMKG: Prakiraan Cuaca Besok di Jakarta, Sabtu 27 Mei 2023, Sebagian Hujan

Untuk membuat pengunjung lebih aman dan nyaman, panita juga terus melakukan peningkatan sarana dan prasarana. Panitia menjamin kebersihan arena pameran yang berstandar internasional, menyiapkan ratusan toilet dan urinoir yang tersebar di setiap sudut area pameran.

Panitia juga bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk berusaha meningkatkan keamanan dan kelancaran arus menuju ke area Jakarta Fair Kemayoran. Di samping itu, panitia menyiapkan sarana parkir yang mampu menampung puluhan ribu kendaraan roda dua dan juga ribuan kendaraan roda empat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.