Dark/Light Mode

Di Hadapan Kader PMKRI, Fransiscus Go Beberkan Peluang Bisnis Di Era Digital

Rabu, 14 Juni 2023 11:50 WIB
Fransiscus Go. (Foto: Istimewa)
Fransiscus Go. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengusaha asal Jakarta, sekaligus penulis dan pemerhati ketenagakerjaan, Fransiscus Go mengajak kader Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) untuk mulai melirik dunia wirausaha di tengah gempuran era digital saat ini.

Hal itu disampaikan Fransiscus Go saat menjadi pemateri pada acara Jambore Kewirausahaan dan Kebangsaan PMKRI st. Thomas Aquinas Tahun 2023 dengan tema "Entrepreneurship Milenial Menuju Indonesia Emas 2045" yang dilaksanakan pada  di Depok, Jawa Barat, Selasa (13/6)

"Wirausaha bukan hanya pekerjaan, tetapi gaya hidup yang menginspirasi kita untuk terus berkembang, belajar dan menghadapi tantangan dengan keberanian," kata pria yang akrab disapa Frans ini, dikutip Rabu (14/6).

Baca juga : Ganjar Sampaikan Pentingnya Penguasaan Teknologi Dan Literasi Digital

Frans menuturkan, saat ini Indonesia tengah menghadapi bonus demografi, dimana usia produktif kerja lebih banyak dibandingkan usia tidak produktif.

Artinya, kata Frans, peluang sekaligus tantangan yang dihadapi kalangan milenial cukup besar dibandingkan dengan lapangan pekerjaan yang ada.

Frans menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini di Indonesia terdapat 7,99 juta orang pengangguran.

Baca juga : Pemkab Tangerang Kebut Perbaikan Jalan Prancis, Warga Diminta Sabar

Sebanyak 2,8 juta atau 33,45 persen mengalami hopeless of job atau pengangguran yang merasa tidak mungkin mendapat pekerjaan.

"Kalau berbicara angkatan kerja, saat ini angkatan kerja di Indonesia mencapai 146,62 juta. Jumlah yang bekerja 138,6 juta," ujar Frans.

Sementara pekerja paruh waktu 36,8 juta dan pengangguran mencapai 9,6 juta orang. Sedangkan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) mencapai 67,88 persen.

Baca juga : Pertamina Paparkan Strategi Pengurangan Emisi Di Forum Asia Pasifik

Lebih lanjut Frans menyampaikan, jumlah pengangguran di Indonesia berdasarkan tingkatan pendidikan cukup banyak.

Lulusan SD yang menganggur mencapai 3,59 juta, lulusan SMP menganggur mencapai 5,95 juta, lulusan SMA 8,57 juta dan lulusan perguruan tinggi yang menganggur mencapai 4,80 juta orang. "

Tetapi dari total angka menganggur itu dapat diserap sampai 29,36 persen oleh sektor pertanian, 18,93 persen oleh perdagangan dan 13,58 persen oleh industri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.