Dark/Light Mode

Di Depan Lautan Suporter, Erick Serukan Revolusi Mental Dari Sepak Bola

Jumat, 19 Mei 2023 14:34 WIB
Bus Parade Kemenangan Garuda Nusantara di tengah lautan manusia, di Jakarta, Jumat (19/5). (Foto: Tangkapan layar video YouTube PSSI)
Bus Parade Kemenangan Garuda Nusantara di tengah lautan manusia, di Jakarta, Jumat (19/5). (Foto: Tangkapan layar video YouTube PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI Erick Thohir ikut bicara di depan lautan suporter Timnas U-22 di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jum'at (19/5). Dalam pidato singkatnya, Erick menyerukan revolusi mental yang digaungkan oleh presiden Jokowi, dimulai dari sepak bola.

Seruan tersebut disampaikan setelah sekitar 3 jam pemain dan ofisial Timnas U-22 diarak bersama Ketum PSSI Erick Thohir berkeliling Jakarta.

Rute Parade Kemenangan Garuda Nusantara ini dimulai dari kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, sekitar jam 8 pagi. Lalu diarak menuju jalan Jendral Gatot Subroto. Kemudian melewati jalan Jendral Sudirman ke arah Bundaran HI.

Setelah melewati Bundaran HI, skuad Timnas Indonesia U-22 tetap berada di jalan Jendral Sudirman hingga finis menuju VIP Barat Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kepulangan skuad Timnas U-22 ini mendapat sambutan antusias warga. Mereka diarak menggunakan bus tingkat Trans Jakarta dengan atap terbuka. 

Baca juga : Putri Mantan Bupati Cirebon Dedi Supardi, Dea Angkasa Putri Maju Caleg Dari Partai Golkar

Tampak beberapa bendera merah putih dikibarkan oleh pemain di atap bus tersebut. Hampir di sepanjang jalan,  suporter berdiri berjejer dipinggir jalan berteriak histeris menyambut arak-arakan mereka. Selain juga banyak warga yang ikut motoran mengiringi arak-arakan Timnas.

Selain pemain, di atap terbuka bus juga tampak berdiri Ketum PSSI Erick Thohir, Menpora Dito Ariotedjo, Manajer Timnas U-22 Sumardji, pelatih Timnas U-22 Indra Sjafrie, hingga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Mereka juga ikut melempar senyum dan lambaikan tangan ke setiap warga yang menyapa.

Rombongan parade Timnas U-22 tiba di GBK sekitar pukul 11.30 WIB. Di sana ribuan warga sudah stand-by menyambut kedatangan mereka.

Pemain dan ofisial Timnas U-22 disambut dengan kalungan bunga. Mereka bersama Ketum PSSI Erick, Waketum PSSI Zainuddin Amali, Menpora Dito, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan lainnya naik ke atas panggung menyapa supporter.

Beberapa diantara mereka diberi kesempatan bicara. Lantaran mepet waktu shalat Jumat, pidato mereka singkat-singkat. Menpora misalnya, ia minta maaf jika arak-arakan tersebut telah membuat macet Jakarta.

Baca juga : Kiyai Muda Gelar Pertunjukan Seni Bela Diri Pencak Silat

Namun, ia meyakini warga Jakarta menyambut positif parade tersebut. Karena prestasi yang ditorevkan kontingen Indonesia di SEA Games cukup membanggakan. 

Dari target 69 emas, menjadi 87 emas. Ia merinci tim Merah Putih meraih 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu di SEA Games 2023.

Dito juga bangga, Indonesia akhirnya bisa membawa pulang medali emas cabang olahraga sepak bola SEA Games setelah 32 tahun lamanya.

"Siapa kita?" teriak Dito. "Indonesia," sahut suporter.

Erick juga bicara singkat. Ia berharap revolusi mental yang digaungkan oleh presiden Jokowi juga bisa dimulai dari sepak bola.

Baca juga : Erick Serukan BUMN Pangan Antisipasi Kebutuhan Rakyat

"Revolusi mental kita mulai dari sepak bola, setuju?" tanya Erick. "Setuju," jawab suporter kompak penuh semangat.

"Habis itu, revolusi mental untuk Indonesia, setuju?" tanya Erick lagi. "Setuju!" seru suporter.

Kapten Timnas U-22 Indonesia, Rizky Ridho yang juga mendapat kesempatan berpidato, juga hanya menyampaikan beberapa patah kata. Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan dari rakyat Indonesia untuk tim Merah Putih di SEA Games.

"Kami membawa pulang ini untuk kalian," ucap Ridho sembari menunjukkan medali emasnya ke suporter, yang disambut histeris.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.