Dark/Light Mode

Kata Luhut, Goyangannya Bagus

Uji Coba Tembus 350 Km/Jam, KCJB Cetak Rekor Kereta Tercepat di Indonesia

Kamis, 22 Juni 2023 19:54 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (ketiga kiri) dan Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri), saat menerima penghargaan rekor MURI untuk KCJB sebagai kereta api tercepat di Indonesia, dengan kecepatan 350 km/jam. (Foto: dok. KCIC)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (ketiga kiri) dan Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri), saat menerima penghargaan rekor MURI untuk KCJB sebagai kereta api tercepat di Indonesia, dengan kecepatan 350 km/jam. (Foto: dok. KCIC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengujian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dengan kecepatan puncak 350 km/jam pada hari ini, Kamis (22/6), berjalan dengan aman dan selamat.

Dalam pengujian, waktu tempuh dari Stasiun Halim ke Padalarang hanya 32 menit. Dari Stasiun Tegalluar, menuju Halim 44 menit. Dengan panjang trase 142,3 km.

 

Menko Luhut (tengah) diapit Menhub Budi Karya Sumadi (rompi merah) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam uji coba KCJB dengan kecepatan puncak 350 km/jam, Kamis (22/6). (Foto: dok. KCIC)

 

Uji coba ini diikuti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Selain itu, juga ada Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto, Danrem 051/Wijayakarta Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul beserta jajaran terkait lainnya.

Baca juga : Patungan Jet Tempur KF-21 Baru 17 Persen, Korsel Minta Kepastian Indonesia

 

Suasana rapat di dalam KCJB yang dipimpin Menko Luhut (tengah, kanan), tidak terganggu suara keras. (Foto: dok. KCIC)

 

Luhut mengatakan, uji coba hingga 350 km/jam ini berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari peralatan pengukuran yang ada di Comprehensive Inspection Train atau Kereta Inspeksi KCJB.

"Kekedapan suara, goyangannya, betul-betul sangat bagus. Kita bisa rapat di dalam, tanpa terganggu suara yang keras, dan sangat baik. Ini merupakan suatu loncatan teknologi," ujar Luhut.

"Kami juga akan melaksanakan studi untuk perpanjangan jalur Kereta Api Cepat dari Bandung hingga ke Surabaya," imbuhnya.

Luhut yakin, pengalaman membangun kereta api cepat, banyak membantu Indonesia dalam melakukan berbagai penghematan.

Baca juga : Erick Makin Wangi

"Melalui hilirisasi, akan banyak material yang digunakan dari dalam negeri. Ini akan membuat terobosan-terobosan baru di Repubik Indonesia," ucapnya.

Sementara Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, perjalanan KCJB hingga 350 km/jam sangat stabil. Ini merupakan suatu pengalaman yang luar biasa.

"Kami menekankan pentingnya keselamatan dalam transportasi, kondisi prasarana yang andal, dan faktor pengamanan. Baik untuk suara atau mencegah masyarakat masuk ke jalur KCJB," tutur Menhub.

Terkait izin operasi, dalam dua pekan ke depan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan intens menguji kereta-kereta yang akan dipakai.

"Kami harap, akhir Juli nanti selesai, dan dapat digunakan pada Agustus," ujar Menhub.

Untuk memastikan progress pembangunan dan pengujian KCJB, Kemenhub bekerja sama dengan salah satu instansi di Prancis. Sehingga, pengujian kali ini berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali.

Baca juga : Gempa M4,5 Goyang Tanggamus Lampung, Getaran Terasa Hingga Liwa

Uji coba dengan puncak kecepatan operasi ini membuktikan, persiapan operasi KCJB sudah berada di jalur yang tepat.

"KCIC bersama seluruh stakeholder, akan terus melakukan pengetesan, dan secara paralel mempersiapkan izin operasi. Agar KCJB dapat segera dinikmati masyarakat," ujar Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi.

Dalam uji coba ini, Kereta Api Cepat Jakarta Bandung mengukir rekor sebagai kereta api dengan laju kecepatan tertinggi di Indonesia. Melewati kecepatan perjalanan kereta api reguler, yang melaju hingga 120 km/jam.

Tercapainya kecepatan puncak 350 km/jam, menunjukkan pesatnya kemajuan teknologi pekeretaapian yang ada di Indonesia.

"Keberhasilan KCJB memecahkan rekor MURI, menjadi penanda fondasi kemajuan teknologi transportasi Indonesia. Masyarakat diharapkan dapat berpindah ke transportasi publik, dalam setiap kegiatan di sekitar wilayah jakarta dan bandung," tutup Dwiyana. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.