Dark/Light Mode

Digelar Di 3 Provinsi

Tebus Pupuk Bersubsidi, Pupuk Indonesia Segera Uji Coba Aplikasi i-Pubers

Minggu, 25 Juni 2023 10:48 WIB
Aplikasi i-Pubers Integrasi Pupuk Bersubsidi yang digalakan Pupuk Indonesia (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)
Aplikasi i-Pubers Integrasi Pupuk Bersubsidi yang digalakan Pupuk Indonesia (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Indonesia (Persero) sedang menyiapkan teknis uji coba integrasi sistem penebusan pupuk bersubsidi i-Pubers (Integrasi Pupuk Bersubsidi) di tingkat kios.

Rencananya, uji coba akan dilaksanakan di tiga provinsi, yaitu Bangka Belitung (Babel), Riau dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca juga : Dicecar Soal Diskriminasi Agama Dan Kebebasan Berekspresi, PM India Jago Ngeles

Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Gusrizal mengatakan, i-Pubers merupakan aplikasi yang digunakan kios untuk menginput data penyaluran pupuk bersubsidi secara digital.

Adapun, sistem yang diintegrasikan adalah T-Pubers (Tebus Pupuk Bersubsidi) milik kementerian Pertanian (Kementan) dengan aplikasi Rekan milik Pupuk Indonesia. Nantinya, aplikasi ini mengintegrasikan data penerima subsidi di e-Alokasi dengan data stok yang terdapat di Rekan.

Baca juga : Relawan Bersama Ganjar Untuk Indonesia, Perdana Deklarasi Di Aceh

“Integrasi sistem ini, tentunya akan semakin menyederhanakan dan memudahkan proses penebusan pupuk bersubsidi, baik oleh petani maupun kios,” ujar Gusrizal, melalui siaran pers, Minggu (25/6).

Ia menjelaskan, pada masa transisi sistem yaitu pada 19-25 Juni 2023, petani untuk sementara belum bisa menebus pupuk bersubsidi di kios yang berada di 3 provinsi tersebut.

Baca juga : Cetak Lifter Muda Berprestasi, Pupuk Indonesia Grup Dukung Kejurnas Angkat Besi 2023

Karena, pada masa tenang ini sedang dilakukan penghitungan stok dan sisa alokasi pupuk bersubsidi untuk digunakan di dalam i-Pubers.

"Setelah masa transisi, akan dilakukan uji coba hingga 25-26 Juni 2023 dan penebusan kembali normal atau sistem akan mulai beroperasi (Go Live) pada 27 Juni 2023," jelas Gusrizal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.