Dark/Light Mode

Pertamina Hulu Energi Cairkan Dana Kompensasi Tumpahan Minyak Sumur YYA-1 di Kabupaten Karawang

Rabu, 11 September 2019 23:45 WIB
Pencairan dana kompensasi tahap awal yang dilakukan Pertamina Hulu Energi (PHE) akan dimulai dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (11/9). (Foto: Humas Pertamina)
Pencairan dana kompensasi tahap awal yang dilakukan Pertamina Hulu Energi (PHE) akan dimulai dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (11/9). (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) melalui anak usahanya, PT PHE Offshore North West Java (ONWJ), melakukan pembayaran kompensasi tahap awal kepada 10.271 warga terdampak tumpahan minyak sumur YYA-1 yang telah diverifikasi.

Pencairan dana kompensasi tahap awal akan dimulai dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (11/9).

Afif Saifudin, Direktur Pengembangan PHE, mengatakan total dana untuk pembayaran kompensasi tahap awal sebesar Rp18,54 miliar.

Baca juga : Tim Medis PHE ONWJ-Pertamedika Ajarkan Gaya Hidup Sehat ke Warga di Karawang

Mekanisme pembayaran kompensasi tahap awal akan melibatkan Himpunan Bank Negara (HIMBARA), yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BRI yang dilaksanakan pada Rabu (11/9) dimulai dari Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya dan Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya. Secara berkelanjutan pembayaran akan dilakukan di area terdampak lainnya.

"Pembayaran kompensasi awal ini sebagai itikad baik PHE ONWJ untuk memberikan dana penyangga terlebih dahulu untuk warga terdampak langsung, mengingat kejadian sudah berjalan 2 bulan.

Nilai kompensasi yang diajukan warga terdampak masih dilakukan proses perhitungan sehingga memerlukan waktu lebih banyak dan untuk menjaga proses ini berjalan sesuai aturan dan dapat dipertanggungjawabkan," ungkapnya. 

Baca juga : Pertamina dan Bulog Optimalkan RPK Untuk Penyaluran LPG Non Subisidi Semarang

"PHE bekerjasama dengan berbagai instansi dan konsultan akademik sebagai penilai ekonomi untuk penentuan nilai kompensasi akhir", tambah Afif.

Sementara itu Cellica Nurrachadiana, Bupati Karawang yang hadir dalam pemberiaan kompensasi tahap pertama di Desa Sedari mengatakan bahwa Pemkab Karawang mengapresiasi PHE ONWJ dalam percepatan pemberian kompensasi tahap pertama.

"ini tentu atas kerjakeras bersama, Pemerintah Kabupaten, PHE ONWJ dan semua instansi sehingga pemberian kompensasi tahap pertama ini dapat berlangsung lancar". Ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.