Dark/Light Mode

Hilirisasi Nasional, Divestasi Vale Kudu Utamakan NKRI

Selasa, 4 Juli 2023 16:18 WIB
Divestasi Vale harus mengutamakan kepentingan seluruh warga Indonesia (NKRI). (Ilustrasi: Istimewa)
Divestasi Vale harus mengutamakan kepentingan seluruh warga Indonesia (NKRI). (Ilustrasi: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo rencananya bakal mengambil keputusan Pemerintah terkait divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) pada bulan ini.

Jokowi menyatakan, kepentingan nasional harus didahulukan terkait dengan divestasi Vale Indonesia.

Baca juga : Nasib Divestasi Vale Diputuskan Pemerintah Bulan Ini

"Insya Allah, bulan ini akan kita putuskan. Intinya kepentingan nasional harus didahulukan," ujar Jokowi di Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Senin (3/7).

Ia menegaskan, meskipun mendahulukan kepentingan nasional, namun Pemerintah juga akan melindungi kepentingan para investor.

Baca juga : Pilih Mobil Bekas, Investasi Yang Menguntungkan

Jokowi menekankan bahwa kebijakan ini harus ditujukan demi industrialisasi dan hilirisasi nasional.

Pernyataan Jokowi tersebut sejalan dengan permintaan Komisi VII DPR, yang meminta kepada Pemerintah untuk mengakuisisi Vale Indonesia demi kepentingan nasional.

Baca juga : Pemda Kudu Bentuk Satuan Tugas Khusus

DPR juga meminta agar keuangan Vale Indonesia bisa terkonsolidasi di Indonesia, bukan seperti saat ini yang terkonsolidasi di luar negeri.

Bahkan dalam Raker dengan Menteri ESDM pada awal bulan lalu, Komisi VII secara khusus membahas divestasi Vale Indonesia dan masuk ke dalam kesimpulan rapat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.