Dark/Light Mode

KAI Dukung Wonderful Indonesia & Pesona Indonesia

KA Pangandaran Diluncurkan, Tiket Promo Bandung-Banjar Hanya Rp 1

Rabu, 2 Januari 2019 18:42 WIB
Kanan ke kiri: Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Walikota Banjar Ade UU Sukaesih, dan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata bersiap menggunting pita peresmian KA Pangandaran di Stasiun Banjar, Jawa Barat, Rabu (2/1). (Foto: Dok. KAI)
Kanan ke kiri: Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Walikota Banjar Ade UU Sukaesih, dan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata bersiap menggunting pita peresmian KA Pangandaran di Stasiun Banjar, Jawa Barat, Rabu (2/1). (Foto: Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk melayani masyarakat yang melakukan perjalanan relasi Jakarta-Banjar PP, serta mendukung pengembangan pariwisata di daerah Jawa Barat, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meluncurkan KA Pangandaran relasi Stasiun Gambir - Bandung - Banjar PP di Stasiun Banjar, Rabu (2/1). Peluncuran KA Pangandaran dilakukan langsung oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, dan turut disaksikan oleh sejumlah kepala daerah seperti Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Walikota Banjar Ade Uu Sukaesih, dan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, dan pejabat dari instansi terkait.

Nama KA Pangandaran diambil dari nama daerah sarat potensi wisata yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjar, yakni Pangandaran. Beberapa wisata yang terdapat di Kabupaten Pangandaran di antaranya Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, Green Canyon, dan sebagainya. 

"Ini merupakan salah satu dukungan KAI terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI) dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran. Sehingga, dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya dan perekonomian di Jawa Barat," ujar Edi.

Baca juga : Hooligan Tertib, Toilet Bersih & Bebas Macet

Sebelumnya, KAI juga meluncurkan KA Galunggung relasi Kiaracondong-Tasikmalaya (PP) pada 26 Desember 2018, sebagai bentuk dukungan pengembangan potensi pariwisata di Jawa Barat.

Dalam masa promosi terhitung 2 Januari sampai 1 Februari 2019, penumpang KA Bandung-Banjar (PP) Kelas Eksekutif dan Ekonomi Premium hanya dikenakan tarif Rp 1,- dengan syarat dan ketentuan berlaku. Sedangkan tiket Gambir-Banjar (PP) Kelas Eksekutif dihargai Rp 160.000,- dan Kelas Ekonomi Premium Rp 110.000,-. Harga ini setara dengan tarif KA Argo Parahyangan, Bandung-Gambir (PP).

Berikut Jadwal KA Pangandaran: 

Baca juga : Pegadaian Patok Laba Double Digit

1. KA 12410 Relasi Gambir - Bandung - Banjar : berangkat Gambir pukul 07.50 WIB, datang Bandung pukul 11.07 WIB, berangkat Bandung pukul 11.40 dan tiba di Banjar pukul 15.56 WIB.

2 .KA 12379 Relasi Banjar - Bandung : berangkat Banjar pukul 16.20 WIB, datang Bandung pukul 20.34 WIB.

3. KA 12412 Relasi Bandung - Banjar : berangkat Bandung pukul 09.10 WIB, datang Banjar pukul 13.03 WIB.

Baca juga : 5 Kereta Ekonomi Tak Lagi Dapat Subsidi PSO

4. KA 12377 Relasi Banjar -Bandung - Gambir : berangkat Banjar pukul 13.55 WIB, tiba di Bandung pukul 18.34 WIB, berangkat Bandung pukul 19.05 WIB, dan tiba di Gambir pukul 22.34 WIB. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.