Dark/Light Mode

Kemandirian Solusi IT, Jurus Jitu Hadapi Tantangan Di Era Digital

Minggu, 9 Juli 2023 13:30 WIB
Webinar bertajuk lsquo;Kemandirian Solusi IT untuk Indonesia Majursquo;, Jumat (7/7). (Foto: Istimewa)
Webinar bertajuk lsquo;Kemandirian Solusi IT untuk Indonesia Majursquo;, Jumat (7/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penguatan kurikulum di bidang IT yang relevan dengan kebutuhan industri sangatlah penting. Perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya perlu selalu update kurikulum yang terkait dengan perkembangan teknologi informasi.

Hal ini akan memberikan contoh nyata kepada mahasiswa dalam menghadapi situasi implementasi IT dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bisnis, pemerintahan maupun lainnya.

Baca juga : UKP Mardiono Ungkap Jurus Jitu Hadapi Dampak El Nino

Tidak hanya itu, kolaborasi dengan perusahaan teknologi dan startup juga sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas dan keterampilan lulusan IT.

Program magang, kerja sama riset, serta pendanaan untuk inovasi teknologi merupakan beberapa bentuk kerja sama yang dapat dilakukan.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 7 Juli, Hadir Di Metropolis Mall

Hal ini juga akan membantu meningkatkan daya saing lulusan IT dari Indonesia di pasar global. Selain penguatan di bidang pendidikan, pemanfaatan sumber daya terbuka, khususnya Open Source, juga perlu ditingkatkan.

Data Open Source Hardware Association menunjukkan bahwa penggunaan Open Source dapat mengurangi biaya produksi dan mempercepat pengembangan solusi IT.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 6 Juli, Hadir Di 2 Lokasi

Dalam konteks pendidikan, Open Source juga dapat menjadi sumber daya terbuka bagi mahasiswa dan pengembang dalam mempelajari dan mengembangkan solusi IT.

“Sebagai negara yang terus berkembang, Indonesia memiliki potensi besar dalam industri IT. Namun, ketergantungan pada solusi IT dari luar negeri masih menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi," ujar CEO PT Equnix Business Solutions Julyanto Sutandang saat berbicara di webinar bertajuk ‘Kemandirian Solusi IT untuk Indonesia Maju’, Jumat (7/7).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.