Dark/Light Mode

Kemandirian Solusi IT, Jurus Jitu Hadapi Tantangan Di Era Digital

Minggu, 9 Juli 2023 13:30 WIB
Webinar bertajuk lsquo;Kemandirian Solusi IT untuk Indonesia Majursquo;, Jumat (7/7). (Foto: Istimewa)
Webinar bertajuk lsquo;Kemandirian Solusi IT untuk Indonesia Majursquo;, Jumat (7/7). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurutnya, perusahaan anak bangsa seperti Equnix mengambil peran penting dalam menyediakan solusi IT yang dapat memenuhi kebutuhan enterprise di Indonesia.

I Made Wiryana, dosen dan peneliti dari Universitas Gunadarma menyebutkan, kemandirian IT salah satunya tak lepas dari pemanfaatan sumber daya Open Source.

Wiryana mengatakan, memanfaatkan Open Source memungkinkan masyarakat dapat menciptakan akses yang lebih luas untuk bahan belajar, bahan produksi, dan bahan riset yang terbuka untuk publik.

Baca juga : UKP Mardiono Ungkap Jurus Jitu Hadapi Dampak El Nino

“Open Source tak hanya memberi manfaat bagi individu dan komunitas pengembang, tetapi juga membantu mempercepat perkembangan solusi IT berkualitas di Indonesia,” ujar Wiryana dalam keterangannya, Minggu (9/7).

Sementara itu, Ahmad Syauqi Ahsan, dosen dan Kaprodi Sarjana TerapanTeknik Informatika PENS “Dengan membangun ekosistem yang inklusif, semua pihak harus berkomitmen untuk menciptakan kemandirian dalam penelitian dan pengembangan teknologi di Indonesia," ujar Syauqi.

Kepala Kantor Wilayah Jatim II Bea Cukai, Agus Sudarmadi, kita harus mengurangi ketergantungan pada pihak ketiga dan mulai mengembangkan sistem sendiri.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 7 Juli, Hadir Di Metropolis Mall

“Melalui upaya peningkatan kemandirian IT melalui skema kolaborasi G2G2B secara terbuka dan independent, diharapkan kita dapat mengatasi tantangan masa depan dan menjaga integritas serta efisiensi tugas kami sebagai para punggawa Kantor Bea Cukai,” ujar Agus.

Kemandirian IT bukan lagi sesuatu yang bisa ditawar untuk kemajuan bangsa, pertumbuhan ekonomi dan daya saing Indonesia di mata dunia," Direktur X-link Software, Cherdian Lim.

Menurutnya, kemandirian IT harus menjadi prioritas nasional karena secara otomatis akan memperkuat ketahanan nasional. Itulah sebabnya pengembangan industri solusi IT yang dilakukan di dalam negeri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.