Dark/Light Mode

Bandara Kertajati Mulai Hidup, Presiden Happy Banget

Rabu, 12 Juli 2023 08:37 WIB
Presiden Jokowi berkiling mengecek Bandara Kertajati, di Majalengka, Jawa Barat, Selasa (11/7). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi berkiling mengecek Bandara Kertajati, di Majalengka, Jawa Barat, Selasa (11/7). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Kertajati mulai hidup. Sejumlah rute penerbangan sudah rutin dilakukan. Kertajati juga sukses melayani penerbangan haji. Melihat hal ini, Presiden Jokowi happy banget.

Kemarin pagi, Jokowi ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri BUMN Erick Thohir bertolak ke Jawa Barat, untuk meresmikan Tol Cisumdawu. Pesawat Kepresidenan mendarat di Bandara Kertajati, Majalengka. Di sana telah menunggu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS), Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Emil), dan Presiden Direktur PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin.

Sebelum meresmikan Tol Cisumdawu di Sumedang, Jokowi berkeliling melihat-lihat aktivitas Bandara Kertajati. Jokowi mendapat penjelasan dari BKS dan Emil. Mereka mengecek ruang kedatangan, ruang tunggu, dan sejumlah fasilitas lainnya yang mulai ramai. Jokowi pun semringah.

"Saya senang karena aktivitas di Bandara Kertajati sudah sangat baik. Sekarang telah digunakan untuk embarkasi haji sekitar 8 ribu jemaah dari tujuh kabupaten kota di Provinsi Jawa Barat," ucap Jokowi.

Baca juga : Prabowo Ngarep Ketemu Mega, PDIP Siap Buka Pintu

Jokowi melanjutkan, bandara terbesar kedua di Indonesia ini telah melayani penerbangan umrah sebanyak empat kali dalam seminggu. Juga melayani penerbangan internasional dari Kuala Lumpur, Malaysia, sebanyak dua kali seminggu.

Kepala Negara optimis, bandara yang diresmikan pada 24 Mei 20218 ini akan semakin ramai. Sebab, pada Oktober tahun ini, Bandara Kertajati akan beroperasi penuh. Penerbangan di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, akan dipindah ke Kertajati.

Jokowi semakin optimis karena saat ini infrastruktur penunjang Bandara Kertajati sudah lengkap. Tol Cisumdawu, yang menghubungkan Bandung-Majalengka, sudah diresmikan. Kini, perjalanan Bandung-Kertajati hanya sekitar 1 jam.

Jokowi menerangkan, rencana awal, Bandara Kertajati dan Tol Cisumdawu selesai bersamaan pada 2018. Namun, pembangunan Tol Cisumdawu mengalami kendala pembebasan lahan, sehingga peresmiannya terlambat. Kondisi ini sempat membuat Bandara Kertajati sepi.

Baca juga : Isolasi Daerah Antraks!

"Setelah (Tol Cisumdawu) selesai, saya meyakini bandara ini akan menjadi bandara masa depan dengan traffic yang sangat padat," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini, pede.

Di kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, bakal terus menggenjot aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati. Terlebih, bandara kebanggaan masyarakat Pasundan ini telah melayani penerbangan haji dan umrah. "Alhamdulillah, geliat Kertajati meningkat setelah didapuk melayani penerbangan haji dan umrah," terangnya.

Bandara Kertajati sukses memberikan pelayanan yang optimal bagi sekitar 8 ribu jemaah haji dari tujuh kabupaten dan kota di Jawa Barat. Erick pun meminta AP II terus meningkatkan fasilitas dan layanan dalam memberikan kenyamanan bagi para penumpang. Sehingga, ketika terjadi peralihan operasional penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, tidak mengecewakan penumpang.

Mendapat tugas ini, Presiden Direktur AP II Awaluddin memastikan kesiapan Bandara Kertajati dalam menyambut peningkatan penerbangan mulai Oktober 2023. Saat ini, AP II sudah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di Bandara Kertajati untuk mempersiapkan aspek operasional dan layanan sejalan dengan rencana peningkatan lalu lintas penerbangan.

Baca juga : Tiba Di Papua Nugini, Presiden Jokowi Disambut Dentuman Meriam

"Kami ingin memberikan layanan dan operasional terbaik bagi penumpang pesawat dan maskapai di seluruh titik. Mulai dari sebelum perjalanan, saat penerbangan, sampai saat kedatangan," janji Awaluddin.

Pihaknya juga tengah menggodok skema dukungan bagi maskapai untuk mempermudah kepindahan operasional dari Bandara Husein Sastranegara. Skema dukungan juga akan disiapkan bagi penyedia transportasi darat sehingga dapat mempermudah para operator dalam membuka layanan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.