Dark/Light Mode

29.547 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air Melalui Bandara AP II

Sabtu, 15 Juli 2023 10:48 WIB
Jemaah haji yang pulang melalui bandara AP II. (Foto: Ist)
Jemaah haji yang pulang melalui bandara AP II. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepulangan jemaah haji melalui bandara-bandara PT Angkasa Pura II (AP II) berlangsung lancar.

Selama 10 hari periode kepulangan jemaah haji pada 4 Juli-3 Juli 2023, tercatat sebanyak 29.457 jemaah haji telah tiba di Tanah Air melalui lima bandara AP II yang menjadi debarkasi. 

Kedatangan jemaah haji tersebut melalui Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) sebanyak 20.216 jemaah haji, lalu Bandara Kualanamu (Deli Serdang) sebanyak 2.816 jemaah haji, kemudian Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) sebanyak 3.501 jemaah haji, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) sebanyak 1.433 jemaah haji, dan Bandara Kertajati (Majalengka) sebanyak 1.491 jemaah haji. Sementara, Bandara Minangkabau (Padang) akan melayani kedatangan jemaah haji mulai 17 Juli 2023. 

Baca juga : PPIH Catat 7.131 Jemaah Tiba Di Tanah Air

President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, kedatangan jemaah haji melalui bandara-bandara AP II berjalan lancar dan baik. Proses kedatangan para jemaah haji di bandara juga berjalan dengan baik.

“Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder atas dukungannya sehingga bandara AP II dapat menyambut dan memberi pelayanan terbaik bagi jemaah haji,” ujar Awaluddin. 

Kepulangan jemaah haji melalui bandara AP II akan terus berlangsung hingga awal Agustus 2023. Adapun selain enam bandara AP II yang menjadi debarkasi kedatangan jemaah haji, terdapat juga dua  bandara AP II yang menjadi bandara antara kedatangan jemaah haji dari kloter BTH yakni Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) dan Bandara Sultan Thaha (Jambi).

Baca juga : Pemulangan Jemaah Haji Dimulai Hari Ini, Cek Jadwal Kedatangan di 6 Bandara AP II

Awaluddin mengatakan, AP II terus berkoordinasi erat dengan seluruh stakeholder dalam menyambut kedatangan para jemaah haji. Kedatangan jemaah haji menjadi salah satu fokus bagi bandara AP II yang menjadi debarkasi dan juga bandara antara.

“Kami memohon dukungan masyarakat agar dapat dengan baik memberikan pelayanan dalam menyambut kedatangan jemaah haji,” ujar Awaluddin. 

Director of Operation AP II, Wendo Asrul Rose mengatakan, seluruh fasilitas sisi udara dan sisi darat di bandara yang menjadi debarkasi dipastikan siap melayani penerbangan kedatangan haji. “Slot time penerbangan juga sudah dikoordinasikan dengan seluruh stakeholder untuk memastikan kelancaran penerbangan kedatangan haji,” ujar Wendo.   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.