Dark/Light Mode

Pemulangan Jemaah Haji Dimulai Hari Ini, Cek Jadwal Kedatangan di 6 Bandara AP II

Selasa, 4 Juli 2023 23:09 WIB
Jemaah haji kembali tiba di Tanah Air, mulai hari ini, Selasa (4/7). (Foto: AP II)
Jemaah haji kembali tiba di Tanah Air, mulai hari ini, Selasa (4/7). (Foto: AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemulangan jemaah haji dari Bandara Internasional King Abdul Azis, Arab Saudi sudah dimulai hari ini, Selasa (4/7). Sejumlah bandara di bawah naungan PT Angkasa Pura II sudah bersiap-siap, yuk cek jadwal kedatangannya.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin menyebutkan ada 6 bandara AP II yang sebelumnya menjadi titik pemberangkatan haji kini sudah menyiapkan operasional untuk kelancaran kedatangan para jemaah haji. 

Menurutnya, keberhasilan pihak bandara dalam melayani keberangkatan dan kedatangan jemaah haji tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk Kementerian Agama, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, maskapai, dan ground handling.

"Mulai 4 Juli, keenam bandara AP II tersebut siap menyambut kedatangan jemaah haji di Tanah Air," kata Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Selasa (4/7).

Ia juga memastikan bahwa semua fasilitas operasional, pelayanan, dan keamanan di bandara AP II sudah siap untuk menyambut kedatangan jemaah haji.

"Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk mengantar para jemaah kembali bertemu keluarga," sambungnya.

Adapun 6 bandara AP II yang menjadi titik pemberangkatan haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Minangkabau (Padang), dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Baca juga : Kurban Dan Ibadah Haji Ajarkan Ketaatan Dan Toleransi Yang Tinggi

Kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta akan dimulai pada 4 Juli hingga 4 Agustus 2023, dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia. 

General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda,  mengatakan bahwa pihaknya mulai melayani kedatangan perdana jemaah haji tadi sore pukul 15.20 WIB. 

"Kedatangan jemaah haji pada hari ini berlangsung dengan lancar," tuturnya.

Ia juga memohon dukungan masyarakat agar Bandara Soekarno-Hatta dapat terus memberikan pelayanan terbaik saat kepulangan para jemaah haji.

Sementara itu, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) baru akan menyambut kedatangan jemaah haji mulai 6 Juli hingga 3 Agustus 2023. Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Iwan Winaya menyebutkan ada 23 kloter yang direncanakan tiba pada periode ini. 

“Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang siap menyambut kedatangan jemaah haji dari Jeddah dan Madinah,” ujar Iwan.

Sementara Bandara Minangkabau (Padang) akan menyambut kedatangan jemaah haji pada 17 Juli hingga 3 Agustus 2023. 

Baca juga : Tenda Jemaah Haji Overcapacity, Diah Pitaloka Sarankan Ini Untuk Kemenag

Seluruh penerbangan kedatangan jemaah haji di Bandara Minangkabau dioperasikan oleh Garuda Indonesia. 

General Manager Bandara Minangkabau, Siswanto, berharap dukungan masyarakat agar kedatangan jemaah haji di Padang berjalan lancar.

“Bandara Minangkabau melayani kedatangan jemaah haji dalam 17 kloter," sebutnya.

Di Bandara Kualanamu,Deli Serdang, kedatangan jemaah haji direncanakan berlangsung pada 4 hingga 29 Juli 2023. Totalnya, akan ada 24 kloter yang semuanya dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

Sementara itu, Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh akan menyambut kedatangan jemaah haji mulai 4 Juli hingga 3 Agustus 2023. 

Executive General Manager Bandara Sultan Iskandar Muda, Darmadi, mengatakan bahwa bandara sudah melakukan persiapan untuk menyambut kepulangan para jemaah haji.

“Kedatangan jemaah haji di Aceh sebanyak 13 kloter, dan kami siap untuk menyambut kepulangan para jemaah haji,” ujar Darmadi.

Baca juga : Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah Hari Apa? Ini Versi Kemenag Dan Muhammadiyah

 

Di Bandara Kertajati (Majalengka), yang baru pertama kali melayani penerbangan haji, kedatangan jemaah haji direncanakan pada 9 Juli hingga 2 Agustus 2023. Bandara ini akan menerima kedatangan para jemaah haji dalam 25 kloter. 

 

Executive General Manager Bandara Kertajati, Nuril Huda, mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran penerbangan pemberangkatan dan siap untuk menyambut kedatangan para jemaah haji.

"Kami berupaya untuk memastikan kelancaran kedatangan jemaah haji," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.