Dark/Light Mode

Layani 220 Ribu Jemaah Haji

Menteri Perhubungan Sulap 13 Bandara Jadi Embarkasi

Kamis, 25 Mei 2023 07:50 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) berbincang dengan jamaah calon haji kloter 2 asal Jawa Barat embarkasi Jakarta di Mekkah Route Terminal 2, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/5/2023). Sebanyak 400 jamaah calon haji embarkasi Pondok Gede Jakarta diberangkatkan ke Tanah Suci dengan menggunakan pesawat Saudia Airlines. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) berbincang dengan jamaah calon haji kloter 2 asal Jawa Barat embarkasi Jakarta di Mekkah Route Terminal 2, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/5/2023). Sebanyak 400 jamaah calon haji embarkasi Pondok Gede Jakarta diberangkatkan ke Tanah Suci dengan menggunakan pesawat Saudia Airlines. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan, sebanyak 13 bandara embarkasi haji siap melayani lebih dari 220 ribu jemaah ke Madinah dan Jeddah.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi menegaskan, layanan penerbangan haji akan berjalan dengan sela­mat, aman, nyaman, dan lancar.

“Ibadah haji adalah pang­gilan Allah SWT, karena tidak semua orang bisa menunaikan ini. Kepada para jamaah yang berangkat, tetap semangat men­jalankan ibadah dan semoga sehat selalu,” kata BKS, sapaan akrab Budi Karya saat melaku­kan peninjauan meninjau ke­berangkatan jemaah haji di Ban­dara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, kemarin.

Baca juga : Catat! Ini Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji Dari 6 Bandara AP II

Eks Dirut Angkasa Pura II ini menjelaskan, kesiapan untuk melayani jemaah haji telah di­lakukan jauh-jauh hari. Mulai dari memastikan kesiapan pe­sawat, fasilitas sarana prasarana bandara, hingga personel yang bertugas dapat memberikan keamanan, keselamatan, serta pelayanan maksimal bagi para jemaah selama penyelenggaraan penerbangan haji.

“Bagi jemaah haji lansia, kami juga berkoordinasi dengan Ke­menterian Agama menyiapkan layanan ramah lansia sehingga para lansia lebih mudah mengakses fasilitas yang ada di ban­dara,” jelasnya.

Adapun 13 bandara yang disiapkan bagi jemaah haji yaitu, Bandara Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Bandara Kualanamu (Medan), Bandara Minangkabau (Padang), Ban­dara Hang Nadim (Batam), Bandara Sultan Mahmud Bada­ruddin II (Palembang), Bandara Soekarno-Hatta (Cengkareng).

Baca juga : Naik Garuda, 390 Jemaah Haji Indonesia Mendarat Di Madinah

Kemudian, Bandara Adi Sumarmo (Solo), Bandara Juanda (Surabaya), Bandara Syamsudin Noor (Banjarmasin), Bandara Sultan Aji Muhammad Sulai­man Sepinggan (Balikpapan), Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar), Bandara Lombok (Praya), dan Bandara Kertajati (Majalengka).

Selain itu, disiapkan juga enam bandara embarkasi haji antara. Yaitu, Bandara Sultan Thaha Saifuddin (Jambi), Ban­dara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Bandara Depati Amir (Bangka Belitung), Bandara Radin Inten II (Lam­pung), dan Bandara Djalaluddin (Gorontalo).

Dari 13 bandara tersebut, Bandara Kertajati menjadi yang paling anyar dalam melayani haji di musim ini. Karena, ini meru­pakan pertama kalinya bandara tersebut melayani jemaah haji. Bagaimana kesiapannya?

Baca juga : Menteri LHK Happy Perhutanan Sosial Jadi Program Nasional

Direktur Utama Bandara Internasional Jawa Barat Kerta­jati Muhammad Singgih mengatakan, Bandara Kertajati telah siap 100 persen untuk pelayanan haji. “Semua persiapan sudah dilaksanakan dengan tuntas,” katanya.

Singgih menjelaskan, pihak otoritas penerbangan Arab Sau­di, yakni General Authority of Civil Aviation (GACA), telah melakukan pengecekan secara langsung ke Bandara Kertajati beberapa waktu lalu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.