Dark/Light Mode

Gandeng Schlumberger, Geothermal Energy Optimalkan Potensi Panas Bumi

Sabtu, 15 Juli 2023 12:55 WIB
Kesepakatan kerja sama  PTPertamina Geothermal Energy Tbk PGE IDX: PGEO pada gelaran Indonesia EBTKEConference and Exhibition ConEx 2023 di ICE BSD Serpong, Tangerang, Banten.
Kesepakatan kerja sama PTPertamina Geothermal Energy Tbk PGE IDX: PGEO pada gelaran Indonesia EBTKEConference and Exhibition ConEx 2023 di ICE BSD Serpong, Tangerang, Banten.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) merampungkan kesepakatan kerja sama pada gelaran Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (ConEx) 2023 di ICE BSD Serpong, Tangerang, Banten 

Kerja sama terbaru yang diraih PGE adalah kesempatan melakukan studi bersama (joint study) dengan PT Schlumberger Geophysics Nusantara. Kesepakatan ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama yang dilakukan Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy Julfi Hadi dengan Managing Director Indonesia PT Schlumberger Geophysic Nusantara Scott Cremin pada Kamis (13/7).

Baca juga : Gandeng PLN, Pertamina Energy Terminal Kerek Pasokan Listrik Terminal BBM Sambu

Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy, Julfi Hadi mengatakan, bahwa kerja sama ini menjadi salah satu agenda penting terhadap kehadiran PGE di EBTKE ConEx 2023.

"Kami berharap rangkaian kerja sama yang sudah dilakukan akan semakin menguatkan posisinya sebagai world class green energy company serta akan bermanfaat bagi pengembangan potensi panas bumi di Tanah Air,” katanya dikutip Sabtu (15/7).

Baca juga : Gandeng Hirata, BSIP Maksimalkan Pembangunan SDG

Julfi mengatakan, bentuk kerja sama joint study ini nantinya memfokuskan pada upaya pengembangan sumur panas bumi dengan hasil akhir berupa pre-feasibility study. Namun dalam kerja sama ini, kata dia, tidak hanya terbatas pada aspek teknis, finansial maupun risiko.

“Hal utama dari skema kerja sama ini nantinya dapat diimplementasikan juga di Area Karaha, Jawa Barat, Area Sibayak, Sumatera Utara, juga Area Lahendong, Sulawesi Utara,” papar Julfi.

Baca juga : Jamnas Ke-7 Persatuan Islam, Optimalkan Potensi Pelajar & Mahasiswa Persis

Kerja sama yang dilakukan dengan Schlumberger ini merupakan kesepakatan strategis kelima yang dilakukan PGE di ajang EBTKE ConEx. Sebelumnya, PGE juga melakukan kesepakatan kerja sama strategis dengan beberapa pihak lainnya guna mengembangkan bisnis serta menjadi bagian dari strategi PGE dalam mencapai target meningkatkan kapasitas terpasang yang dikelola secara langsung menjadi 1 gigawatt (GW).

“PGE antusias dengan adanya kerja sama ini. Dengan keahlian teknologi yang dimiliki Schlumberger serta portofolio PGE dalam mengelola potensi panas bumi di Indonesia, kerja sama ini dapat menghasilkan mutualisme bagi kedua belah pihak,” tutup Julfi.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.