Dark/Light Mode

Kerek Investasi, Gubernur Ridwan Kamil Jemput Bola Ke China

Jumat, 28 Juli 2023 11:02 WIB
Gubernur Jabar sukses meraih kesepakatan investasi Rp 2 Triliun dari China untuk pengembangan industri mobil listrik.
Gubernur Jabar sukses meraih kesepakatan investasi Rp 2 Triliun dari China untuk pengembangan industri mobil listrik.

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan Perjalanan Dinas Luar Negeri ke Provinsi Guangxi, China. Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) mengunjungi industri mobil listrik di Kota Liu Zhou, Guangxi, China.

Kunjungan tersebut menjadi salah satu upaya Pemda Provinsi Jabar dalam meningkatkan investasi di Jabar.

Pemda Provinsi Jabar sendiri menerapkan konsep jemput bola dalam menggerakkan mesin investasi.

Baca juga : Soal Duet Anies-Susi, NasDem Dan PKS Yes, Tapi Demokrat Bilang Gini...

"Karena konsepnya kita harus rajin menjemput bola, bukan menunggu bola. Karena rezeki itu harus dijemput bukan ditunggu," tulis Kang Emil di akun instagram pribadinya, kemaren.

"Itulah kenapa kami mendatangi markas Wuling Motor di Kota Liu Zhou, Guangxi," jelasnya.

Hasil dari kunjungan tersebut, kata Kang Emil, terjalin kesepakatan investasi sebesar Rp 2 triliun untuk pengembangan industri mobil listrik Wuling di Jabar.

Baca juga : Ridwan Kamil Lepas Kepergian Kontingen Jabar

"Kebetulan Wuling markasnya ada di Kota Liu Zhou yang merupakan sister city dengan Kota Bandung. Dan provinsinya Guangxi adalah sister province dengan Jawa Barat," ujar Kang Emil.

"Di Kota Liu Zhou ini, populasi mobil listriknya sudah mendekati 60 persen. Tertinggi di dunia. Kotanya bersih dan minim polusi," tambahnya.

Pemda Provinsi Jawa Barat mendapatkan target realisasi investasi, baik dari Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanam Modal Asing (PMA), sebesar Rp 188,01 triliun pada 2023.

Baca juga : Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Apartemen Transit

Sejumlah strategi pun disiapkan untuk merealisasikan target tersebut. Salah satunya dengan menerapkan konsep jemput bola.

Sebelumnya, dalam Forum Investasi Jabar Semester 1 2023 di Trans Hotel Bandung beberapa waktu lalu, Kang Emil menuturkan bahwa selain menjalin komunikasi dengan calon investor, kolaborasi dengan berbagai pihak intens dilakukan.

Dalam enam tahun berturut-turut, realisasi investasi Provinsi Jabar tertinggi di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.