Dark/Light Mode

Konsumsi Bulan Juli Meningkat

Pertamina Gerak Cepat Pasok Gas Elpiji 3 Kilo

Sabtu, 29 Juli 2023 07:20 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (ANTARA/HO-Pertamina)
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (ANTARA/HO-Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina gerak cepat (gercep) mendistribusikan LPG (Liquefied Petroleum Gas) subsidi 3 kilogram (kg) ke masyarakat. Langkah ini diambil merespons meningkatnya konsumsi energi tersebut.

Corporate Secertary Per­tamina Patra Niaga, Irto Ginting mengungkapkan, terjadi pening­katan konsumsi LPG subsidi di atas rata-rata sejak beberapa kali perayaan hari besar berbarengan dengan libur panjang.

Alhasil per Juli, penyaluran­nya sudah mendekati 2 persen lebih besar dibandingkan kuota subsidi yang ditetapkan Pemerintah. Yaitu sekitar 8 juta Metrik Ton (MT) untuk 2023. Jumlah ini dikhususkan bagi rumah tangga kurang mampu serta usa­ha mikro. Jumlah kuota tersebut sama dengan tahun 2022.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan Dan Percepat Distribusi

Ia mengimbau, masyarakat mampu, usaha restoran, peterna­kan dan lainnya agar mengguna­kan LPG non subsidi yang biasa disebut elpiji tabung melon itu.

“Ini agar masyarakat yang ber­hak, bisa mendapatkan haknya menikmati LPG subsidi,” tegas Irto di Jakarta, kemarin.

Saat ini, pihaknya sudah melakukan gerak cepat agar dampak peningkatan konsumsi cepat teratasi.

Baca juga : SPBU Di Pesanggrahan Terbakar, Pertamina: Petugas Sigap, Api Padam Dalam 3 Menit

Pertama, kata dia, pihaknya berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memetakan wilayah yang ber­potensi kebutuhan LPG subsidi meningkat.

“Sehingga bisa segera di­lakukan penambahan stok dan mempercepat distribusi, atau melakukan operasi pasar,” ujar Irto.

Berdasarkan pemetaan terse­but, pihaknya telah menambah stok dan operasi pasar di be­berapa wilayah. Seperti Medan, Bangka Belitung, Bengkulu, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan seluruh Sulawesi, dengan LPG Subsidi yang di­siapkan mencapai lebih dari 700 ribu tabung.

Baca juga : Dirut Pertamina Pastikan Pasokan LPG 3 Kg Aman

Kedua, pihaknya terus bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan LPG subsidi oleh oknum tidak ber­tanggung jawab.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.