Dark/Light Mode

Konsumsi Bulan Juli Meningkat

Pertamina Gerak Cepat Pasok Gas Elpiji 3 Kilo

Sabtu, 29 Juli 2023 07:20 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (ANTARA/HO-Pertamina)
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (ANTARA/HO-Pertamina)

 Sebelumnya 
Bahkan, untuk memperbaiki tata kelola distribusi elpiji ber­subsidi, saat ini tengah melaku­kan pendaftaran atau registrasi melalui KTP (Kartu Tanda Pen­duduk) dan NIK (Nomor Induk Kependudukan).

“Tujuannya, supaya bisa di­jadikan dasar menjadi data yang bisa dipertanggungjawab­kan kepada Pemerintah,” kata Nicke melalui siaran pers, Se­lasa (25/7).

Pengamat Ekonomi Ener­gi Universitas Gadjah Mada (UGM), Fahmy Radhi turut menyoroti kelangkaan dan kenaikkan harga LPG subsidi.Khususnya pada saat Presi­den Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Pasar Tradisional Bululawang, Malang, Jawa Timur, pada Senin (24/7).

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan Dan Percepat Distribusi

Fahmy menilai, kelangkaan tersebut terjadi, salah satunya disebabkan adanya migrasi be­sar-besaran dari kosumen LPG non-subsidi ke LPG subsidi.

“Karena harga gas melon per kilogramnya lebih mu­rah, lantaran disubsidi,” ucap Fahmy kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut Fahmy, migrasi peng­guna LPG itu terjadi disebabkan penerapan distribusinya adalah sistem distribusi terbuka.

Baca juga : SPBU Di Pesanggrahan Terbakar, Pertamina: Petugas Sigap, Api Padam Dalam 3 Menit

Ia menjelaskan, dalam sistem distribusi terbuka, konsumen yang tidak berhak memperoleh subsidi dapat dengan bebas membeli LPG-subsidi, tanpa ada sanksi.

“Maka tak heran kalau LPG subsidi diperebutkan masyarakat yang tidak berhak, dan menyulut kelangkaan gas melon di pasar,” sesalnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ia mendorong, agar Per­tamina berani mengubah sistem distribusi. Yaitu dari sistem dis­tribusi terbuka menjadi menjadi sistem distribusi tertutup.

Baca juga : Dirut Pertamina Pastikan Pasokan LPG 3 Kg Aman

“Agar LPG subsidi benar-benar diperuntukkan buat rakyat miskin yang berhak memperoleh subsidi,” tegasnya.

Ia khawatir, bila tak segera di­lakukan perubahan sistem distri­busi tersebut, maka penyaluran elpiji bersubsidi akan terus tak tepat sasaran.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 29/7/2023 dengan judul Konsumsi Bulan Juli Meningkat, Pertamina Gerak Cepat Pasok Gas Elpiji 3 Kilo

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.