Dark/Light Mode

Apresiasi Batik Nasabah PNM Diapresiasi Jokowi Di GBN 2023

Rabu, 2 Agustus 2023 21:19 WIB
Presiden Jokowi (kedua kiri) mengapresiasi produk milik Nasabah Permodalan Nasional Madani PNM, Erawati di Gelar Batik Nusantara GBN 2023. (Foto: Dok. PNM)
Presiden Jokowi (kedua kiri) mengapresiasi produk milik Nasabah Permodalan Nasional Madani PNM, Erawati di Gelar Batik Nusantara GBN 2023. (Foto: Dok. PNM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi produk milik Nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM), Erawati atau akrab dipanggil Era, di Gelar Batik Nusantara (GBN) 2023 yang pada tahun ini dilakukan di Senayan Park, Jakarta Pusat, Rabu (2/8).

“Batik adalah wajah kita, batik adalah kehormatan kita dan melalui batik telah tercipta lapangan kerja yang sangat banyak,” ujar Jokowi saat membuka acara Yayasan Batik Indonesia (YBI) ini yang sempat terhenti karena pandemi.

Selain Jokowi dan Iriana, kemeriahan ini juga dihadiri oleh Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Arief Mulyadi.

Ikut memamerkan kecantikan kain batik di GBN, motif khas Blora milik Nasabah PNM ini berhasil mencuri perhatian Jokowi.

Baca juga : Gubernur Jambi Dukung Nasabah PNM Naik Kelas

Memiliki nasabah dari berbagai sektor usaha, PNM mendorong pelaku UMKM batik binaannya untuk berpartisipasi dalam GBN ini.

Diterbangkan dari berbagai daerah di Indonesia, 8 keunikan motif batik terpajang dari 8 nasabah unggulan PNM, Era salah satunya.

Tidak menyangka hari ini menjadi kesempatannya menceritakan motif batik Blora kepada Presiden Republik Indonesia.

“Dulu Pak Jokowi pernah ke Kabupaten Blora, tetapi saya tidak sempat menjabat tangan beliau. Sekarang akhirnya sampai beliau pegang kain batik saya,” ujarnya.

Baca juga : Andi Gani Tak Masalah Relawan Jokowi Beda Pilihan Capres

Menghadirkan pendampingan usaha kepada 14,6 juta nasabahnya, PNM juga terus mengupayakan akses kepada pelaku UMKM binaan. Terutama mempertemukan nasabah dengan akses pasar agar meluasnya jangkauan usaha.

Disamping klasterisasi usaha yang dilakukan rutin, ajang pameran dan bazar juga kerap dilakukan. Salah satunya melalui acara kali ini.

“Kedekatan PNM dan nasabahnya itu tidak sebatas pembiayaan saja, tetapi pemberdayaan. Saat bicara pemberdayaan kami ingin nasabah punya growth mindset agar visi kami membuat mereka tumbuh, peduli, dan menginspirasi itu nyata,” ucap Arief.

Bergabungnya Era sebagai nasabah binaan PNM memasuki tahun ke-7. Berawal dari plafond sebesar Rp 10.000.000, kini omzet meningkatkan plafond Era hingga Rp 250.000.000.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Slank Cs Yang Meriahkan Formula E Jakarta 2023

Kreasi produk yang dipamerkan ala motif Blora ini beragam, seperti jaket, outer, tas, bahkan kain dengan cetak eco-print. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, mulai dari Rp 100.000 - Rp 750.000.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.