Dark/Light Mode

Andi Gani Tak Masalah Relawan Jokowi Beda Pilihan Capres

Jumat, 7 Juli 2023 22:46 WIB
Ketua Dewan Pengarah Musra Andi Gani Nena Wea dan Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi bersama Presiden Jokowi.Foto: Istimewa
Ketua Dewan Pengarah Musra Andi Gani Nena Wea dan Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi bersama Presiden Jokowi.Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua tokoh penggagas Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia terlihat berbeda pilihan dalam mendukung sosok Calon Presiden (Capres) di 2024.

Ketua Dewan Pengarah Musra Andi Gani Nena Wea mantap mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sementara, Penanggung Jawab Musra Budi Arie Setiadi lebih condong mendorong Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai jagoannya.

Hal ini terlihat dari sikap yang diperlihatkan keduanya. Andi Gani berani secara terang-terangan melabuhkan dukungannya ke Ganjar Pranowo.

Bahkan, saat Hari Buruh Sedunia atau May Day, Andi Gani didampingi 10 Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja bertemu Ganjar Pranowo untuk menyampaikan dukungan penuhnya secara langsung.

Sementara Budi Arie kemarin melakukan pertemuan dengan Tim Relawan Prabowo 08 di Kantor DPP Projo. Budi Arie bahkan menyebutkan perbandingan kemungkinan Projo akan mendukung Prabowo Subianto 60 persen, Ganjar hanya 40 persen.

Baca juga : Srikandi Ganjar Tingkatkan Kreativitas Milenial Lewat Pelatihan Makrame

Saat dikonfirmasi, Andi Gani mengatakan, perbedaan itu hal biasa dalam politik. Menurutnya, siapapun bebas menentukan pilihannya.

Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Jokowi ini mengaku tidak masalah jika Budi Arie mengambil langkah berbeda dengan apa yang telah menjadi hasil Musra.

"Mas Ganjar dalam beberapa kali pertemuan dengan relawan juga selalu bilang, harus punya sikap saling menghargai jika terjadi perbedaan pilihan. Bukan berarti harus bermusuhan dan tidak berkomunikasi," tegasnya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (7/7).

Andi Gani meyakini Ganjar akan unggul dalam Pilpres nanti. Ia memastikan relawan buruh akan all out memenangkan Ganjar Pranowo di kantong-kantong suara buruh terutama di basis kawasan industri.

Untuk mendukung Ganjar, Andi Gani mengaku telah menyiapkan sayap khusus sekaligus mendirikan posko Relawan Buruh Sahabat Ganjar sebagai kelanjutan dari Relawan Buruh Sahabat Jokowi di seluruh Tanah Air dan luar negeri seperti Macau, Taiwan, dan Hong Kong.

Baca juga : Relawan Prabowo Belajar Menangkan Capres Ke Kantor Projo

"Buruh di Indonesia akan all out mendukung Pak Ganjar Pranowo," ucap Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC) itu.

Sementara, Budi Arie tidak menampik peluang Projo akan mendukung Prabowo Subianto. Ia mengaku hanya tinggal menunggu arahan dari Jokowi soal siapa yang nantinya akan didukung.

Apalagi, kata dia, di saat bersamaan Presiden Jokowi juga sedang memiliki kedekatan dengan Prabowo Subianto.

"Pak Prabowo dengan Pak Jokowi juga dekat begitu. Pak Jokowi dituduh dukung Pak Prabowo, so what masalahnya?" ucapnya.

Budi Arie menegaskan, keputusan resmi Projo terkait capres yang didukungnya akan keluar pada Oktober mendatang. Saat ini, Projo menggelar Konferensi Daerah (Konferda) di tiap provinsi mirip seperti Musra.

Baca juga : Gibran: Umur Saya Belum Cukup

Walaupun belum menyampaikan secara terbuka, tapi hasil Konferda Projo di beberapa provinsi menyatakan dukungannya ke Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto.

"Kami ingin mendengar aspirasi dari seluruh teman-teman di daerah. Nanti kami putuskan sikap akhir Projo dalam sebuah forum Rakernas Oktober 2023 di Jakarta. Kami menunggu dan taat perintah Presiden Jokowi," jelasnya.

Seperti diketahui, dalam puncak Musra yang digelar di Istora Senayan pada Mei lalu, panitia menyerahkan hasil Musra kepada Presiden Jokowi. Tiga nama Capres peraih suara tertinggi dalam Musra yakni, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto. Selain tiga nama Capres, panitia Musra juga menyerahkan empat nama bakal Cawapres yakni Mahfud MD, Arsjad Rasjid, Moeldoko, dan Sandiaga Uno.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.