Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Setiap Minggu Pagi, Ada Pasar Sayur Organik Dan Bazaar Di Nara Kupu Jogja

Minggu, 6 Agustus 2023 11:06 WIB
Pasar Sayur Organik hadir setiap Minggu pagi di Nara Kupu Jogja. (Foto: Istimewa)
Pasar Sayur Organik hadir setiap Minggu pagi di Nara Kupu Jogja. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Agro eduwisata Nara Kupu Jogja (NKJ) yang berlokasi di Pandanpuro, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta kini setiap hari Minggu pagi selalu menggelar pasar sayur segar hasil pertanian organik dengan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat bagi masyarakat sekitar.

Sayuran yang dihasilkan dari perkebunan organik dan hidroponik Nara Kupu Jogja ini selalu segar setiap hari lantaran pengunjung maupun pembeli dapat memetik langsung sayuran dari kebun tersebut.

Disamping itu, hasil kebun Nara Kupu Jogja juga terbukti bebas dari hama sayuran. Marketing Manager Nara Kupu Jogja, Shelli Moniaga menyampaikan, di pasar sayur itu pihaknya menyediakan promo menarik yaitu tebus murah minyak goreng 1 liter dengan harga Rp10 ribu.

Yang lebih penting lagi, kata Shelli, para petani sekitar juga ikut berperan serta dalam kegiatan tersebut.

"Dengan diadakannya Pasar Sayur setiap minggu pagi ini, kami berharap para pengunjung bisa ikut menikmati betapa menyenangkannya mendapatkan sayur segar yang langsung dipanen hari itu juga dari kebun NKJ sendiri dan pertanian sekitar wilayah NKJ," ujar Shelli, Minggu (6/8).

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pertunjukan Musik Calung Di Kota Bandung

Shelli menjelaskan, pupuk yang digunakan di perkebunan Nara Kupu Jogja merupakan pupuk organik cair (POC) dan pupuk kandang olahan sendiri yang dibuat oleh tim ahli dari Nara Kupu Jogja.

Shelli menjamin kualitas sayur organiknya sangat terjaga. "Sedangkan untuk menghalau hama, tim kebun kami menggunakan tanaman pengalih perhatian seperti bunga matahari, yellow trap (perangkap hama dengan botol berwarna kuning dan dilapisi lem), serta pestisida alami berbahan bawang putih yang dibuat sendiri," jelasnya.

Sebagai informasi, sayur organik adalah sayur yang dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia apa pun, baik saat proses pemupukan maupun proses penyemprotan hama.

Selain sayuran organik, di Nara Kupu Jogja juga terdapat paket edukasi bercocok tanam yang sangat menyenangkan dan relevan untuk semua kalangan, mulai dari murid sekolah sampai dengan mereka yang tengah mempersiapkan diri untuk beraktivitas pada masa pensiun.

"Kegiatan edukasi bercocok tanam, meliputi teori serta praktek mulai dari menanam sampai dengan panen, baik itu organik maupun hidroponik," katanya.

Baca juga : Sahabat Ganjar Ulurkan Tangan Untuk Korban Kebakaran Di Penjaringan Jakut

Di Nara Kupu Jogja juga, pengunjung dapat menikmati jajanan khas yang terdapat di lokasi F&B Tenant seperti Morning Dew, Pecel 57, Mbah Walid, dan Kopi Janji Doang untuk menikmati sarapan atau makan malam dengan harga yang relatif terjangkau.

Selain itu, pada setiap Minggu pagi, NKJ juga menyelenggarakan senam sehat pukul 08.00 secara gratis.

Shelli menegaskan bahwa tidak ada tarif tiket untuk memasuki area Nara Kupu Jogja, alias gratis. Jadi, lanjutnya, semua kalangan bebas untuk bisa menikmati alam yang asri dan segar di tempat tersebut.

"Dengan tempat yang sangat luas dan didukung oleh F&B tenant, NKJ menjadi tempat yang sangat sempurna untuk mengadakan acara besar, seperti gathering, reuni, dan sebagainya dengan konsep yang unik," jelasnya.

Lebih menarik lagi dari Nara Kupu Jogja ini, para pengunjung dapat merasakan sensasi memberi makan rusa secara langsung tanpa sekat apapun.

Baca juga : Di Setiap Panggung, Prabowo Tak Bosan Puja-puji Jokowi

Pengunjung pun bisa memancing, memetik sayur di kebun dan lain-lain.

"Untuk informasi lebih lanjut mengenai Nara Kupu Jogja, silakan dm kami di IG @nara_kupu_jogja," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.