Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Kemenkop UKM Dorong Transformasi UMKM Masa Depan

Rabu, 9 Agustus 2023 20:42 WIB
Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam menyiapkan UMKM Tanah Air yang tangguh dan adaptif, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama dengan Pemerintah Kota Surakarta menggelar Hari UMKM Nasional 2023 bertajuk Transformasi UMKM Masa Depan.

Hari UMKM Nasional tahun ini akan berisi rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai stakeholder dan ribuan UMKM terkurasi yang berlangsung pada 10-13 Agustus 2023 dan tersebar di Solo Raya.

Baca juga : Bertemu Ketua OJK, HIPMI Dorong UMKM Naik Kelas

Berbagai rangkaian tersebut antara lain UMKM Expo, workshop dan talkshow bersama Google Indonesia dan YouTube, live shopping bersama Tokopedia, hingga road to Indonesia Start-Up Ecosystem Summit (ISES).

Sedangkan puncak perayaan Hari UMKM Nasional sendiri digelar pada 12 Agustus 2023 di Pamedan Mangkunegaran dan akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo, yang sekaligus akan melaunching tiga program integrasi Pemerintah Pusat dan Daerah, yakni Transformasi Formal Usaha Mikro, Blangkon Jateng, dan Inkubasi Kewirausahaan.

Baca juga : Kemendikbudristek Bahas Transformasi Digital Sistem Pendidikan Di ASEAN

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, perayaan Hari UMKM Nasional tahun ini menjadi momentum bagi pelaku UMKM di tanah air untuk unjuk gigi melalui ekosistem UMKM masa depan, baik melalui digitalisasi, kolaborasi hasil riset dan inovasi, hingga masuk ke dalam hilirisasi.

“Kita perlu menyiapkan UMKM untuk masuk hilirisasi nasional bukan hanya dengan tekonologi rendah, agar dapat menaikkan kualitas lapangan pekerjaan yang 97 persen di antaranya disediakan oleh UMKM, oleh karenanya level mereka harus dinaikkan,” jelasnya di Jakarta, Rabu (9/8).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.