Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RI Dorong Kerja Sama Produksi Alutsista Dengan Prancis

Sabtu, 22 Juli 2023 08:08 WIB
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia mendorong peningkatan kerja sama pertahanan dengan Prancis, agar tidak hanya pada jual beli alat utama sistem senjata (alutsista), tetapi juga transfer teknologi, pengembangan dan produksi bersama alutsista.

Ajakan tersebut disampaikan Menlu Retno Marsudi bersama dengan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Catherine Colonna dan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, Sébastien Lecornu di Paris, Jumat (21/7).

“Kerja sama ini penting untuk membangun otonomi strategis Indonesia,” kata Retno dikutip Antara.

Baca juga : Prabowo Sebut Kerja Sama Pertahanan Dengan Prancis Terbaik Di Era Jokowi

Retno menyampaikan, kerja sama tersebut diperlukan untuk menjadikan Indonesia bagian dari mata rantai pasok global untuk industri strategis.

“Untuk itu, saya mendorong implementasi kerja sama joint ventures dan joint production antara Thales dan PT Len Industri,” tutur dia.

Thales Group adalah perusahaan multinasional Prancis yang merancang, mengembangkan dan memproduksi perangkat dan alat-alat di bidang antariksa, pertahanan dan keamanan.

Baca juga : BPOM Dorong Kerja Sama Stakeholder Dalam Mendukung Produksi Berkelanjutan

Sementara PT Len Industri adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang produksi. salah satunya elektronika untuk pertahanan, baik darat, laut maupun udara.

Pada pertemuan 2+2 tersebut, Retno juga menyampaikan keinginan Indonesia untuk bekerja sama di bidang keamanan maritim, termasuk dukungan alih teknologi dan bantuan pembangunan kapasitas oleh Prancis kepada Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Selain itu, Indonesia juga mendorong kerja sama di bidang keamanan siber melalui kerja sama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan industri pertahanan Thales.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.