Dark/Light Mode

Sambut Era Elektrifikasi, Honda Pamer Jajaran Mobil Listrik Di GIIAS

Jumat, 11 Agustus 2023 08:41 WIB
Honda CR-V hybrid. (Foto: Ist)
Honda CR-V hybrid. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Honda Prospect Motor memulai era elektrifikasinya di Indonesia dengan menampilkan berbagai mobil listrik di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Honda meluncurkan generasi terbaru dari All New Honda CR-V hybrid. Peluncuran ini menandakan dimulainya penerapan teknologi elektrifikasi Honda di Indonesia, atau yang disebut dengan Honda e:technology.

Teknologi e:HEV yang diusung All New Honda CR-V dibekali motor listrik dengan tenaga terbesar di kelasnya, sistem pengaturan tenaga yang pintar, serta teknologi regenerasi daya untuk pengisian baterai. Hal ini memungkinkan penggunaan daya baterai yang dominan dalam berbagai kondisi berkendara. Hasilnya adalah performa yang bertenaga, penggunaan bahan bakar yang sangat minimum, sekaligus emisi yang sangat ramah lingkungan.

Tak hanya itu, All New Honda CR-V juga tampil dengan desain baru yang semakin premium sebagai model SUV kelas atas serta fitur-fitur berteknologi tinggi terutama dalam konektivitas dan keselamatan berkendara. Untuk pertama kalinya, Honda memperkenalkan teknologi Honda CONNECT di Indonesia melalui generasi terbaru All New Honda CR-V, sebuah aplikasi untuk mengakses berbagai fitur dan informasi di mobil melalui smartphone penggunanya.

Baca juga : Kurangi Emisi, Toyota Pamer Mobil Listrik Dan Hybrid Di GIIAS

Sementara itu, fitur keselamatan canggih Honda SENSING hadir dengan fitur lebih lengkap pada All New Honda CR-V dengan tambahan teknologi Adaptive Driving Beam. All New Honda CR-V juga menawarkan varian mesin 1.5 liter Turbo dengan desain dan fitur yang sama premium serta konfigurasi tempat duduk tiga baris untuk kapasitas 7 penumpang yang lapang dan nyaman.

Pada ajang GIIAS kali ini, Honda menampilkan 5 unit mobil berbasis elektrik yang menggambarkan komitmen Honda untuk menawarkan solusi kendaraan ramah lingkungan untuk berbagai kebutuhan masyarakat global, termasuk di Indonesia.

Selain All New Honda CR-V yang mengusung teknologi e:HEV, di booth Honda juga hadir model hybrid lainnya yaitu All New Honda Accord e:HEV. Sedan premium yang pertama kali diperkenalkan di dunia pada awal tahun 2023 ini dihadirkan sebagai showcase model hybrid global yang dimiliki Honda saat ini, sekaligus update dari model Accord e:HEV yang ditampilkan Honda di booth GIIAS tahun lalu.

Model hybrid lain yang ditampilkan di booth Honda adalah Honda CR-Z, model hybrid yang pernah dipasarkan Honda di Indonesia pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2016. Honda CR-Z mengusung mesin i-VTEC 1,5 liter dipadu dengan teknologi baterai Integrated Motor Assist (IMA), yang menjadi pendahulu teknologi e:HEV. Memadukan karakter sporty dengan mesin yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, Honda CR-Z menjadi penunjuk arah pengembangan model-model hybrid Honda selanjutnya.

Baca juga : Dukung BUMN Fest 2023, PLN Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Dan UPS

Untuk pertama kalinya di Indonesia, Honda juga menampilkan sebuah mobil SUV listrik masa depan ramah lingkungan yaitu Honda SUV e: Prototype. Mobil konsep ini pertama kali diperkenalkan di dunia pada pameran Auto Shanghai pada 2021 lalu, dan telah hadir di berbagai pameran besar di seluruh dunia sebagai bagian dari visi Honda untuk mobil listrik di masa depan.

Mengusung desain yang futuristik dan berbagai teknologi canggih, Honda SUV e: Prototype juga menunjukkan arah pengembangan mobil listrik Honda yang sejalan dengan trend pertumbuhan segmen compact SUV yang terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Honda juga menunjukkan prototipe mobil bermesin listrik lainnya, yaitu Honda N-Van EV Prototype. Model Honda N-Van pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 dan telah menjadi salah satu minicar terlaris di Jepang. Honda N-Van EV Prototype dibekali dengan mesin baterai listrik yang menghasilkan performa bertenaga dan ramah lingkungan, sekaligus kabin dan ruang kargo lapang yang fleksibel untuk berbagai kebutuhan konsumen maupun niaga.

Tampilnya Honda N-Van EV Prototype di Indonesia merupakan bagian dari studi untuk penerapan teknologi elektrifikasi yang dilakukan Honda di Indonesia, khususnya dalam penggunaannya di area perkotaan dan komersial. Honda berencana untuk menggunakan Honda N-Van EV Prototype untuk pengiriman suku cadang dari tempat penyimpanan ke beberapa diler Honda di area Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga : Samarkan Gratifikasi, Andhi Pramono Suruh Cleaning Service Tukarkan Valas

Sebagai bagian dari visi untuk memberikan solusi elektrifikasi yang lebih luas, Booth Honda juga menampilkan showcase teknologi Honda e:technology yang terdiri mobil listrik Honda e, sepeda motor listrik Honda PCX Electric, serta pengisi daya portabel Honda Lib Aid 500. Pengunjung juga dapat lebih jauh mengeksplorasi berbagai teknologi Honda, mulai dari elektrifikasi, konektivitas, hingga keselamatan berkendara melalui berbagai wahana interaktif di booth Honda.

Kotaro Shimizu, President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, pada ajang GIIAS 2023, Honda menawarkan konsep yang benar-benar baru yang dapat dirasakan melalui desain booth futuristik dengan berbagai wahana interaktif sekaligus display mobil-mobil elektrifikasi yang menggambarkan visi Honda di masa depan. “Tentunya, kami juga berusaha menyajikan kenyamanan untuk konsumen melalui berbagai unit test drive dan program penjualan yang menarik,” ujarnya.

Booth Honda berlokasi di Hall 6B menampilkan total 27 unit mobil display yang juga meliputi berbagai model terbaru Honda, mulai dari model-model varian RS yang sporty, hingga berbagai SUV Honda yang menjadi favorit konsumen di Indonesia. Tak hanya hadir dengan tampilan standar, beberapa model di booth Honda juga tampil dalam versi modifikasi yang memperkuat karakter dan daya tariknya. New Honda Brio RS dan Honda Civic Type R tampil semakin sporty dengan konsep desain livery yang terinspirasi dari ajang balap TCR Series.

Modifikasi sporty juga diterapkan pada Honda WR-V dengan modifikasi oleh rumah modifikasi Elite. Sementara itu, Honda BR-V kembali tampil dengan konsep Camper Van, menunjukkan gaya hidup konsumennya yang aktif dan gemar berpetualang dengan mobilnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.