Dark/Light Mode

Survei BI: Harga Properti Lanjutkan Tren Peningkatan Pada Kuartal II

Rabu, 16 Agustus 2023 16:44 WIB
Properti. (Foto: Ist)
Properti. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia mencatat harga properti residensial di pasar primer secara tahunan masih melanjutkan tren peningkatan pada triwulan II-2023. 

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan II-2023 tercatat naik sebesar 1,92 persen secara tahunan. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan pada triwulan sebelumnya yang sebesar 1,79 persen.

Baca juga : Presiden Gen Z: Peluang Ganjar Menang Pilpres Paling Kuat

Dari sisi penjualan, hasil survei mengindikasikan penjualan properti residensial di pasar primer pada triwulan II-2023 masih belum kuat. Penjualan properti residensial terkontraksi 12,30 persen pada triwulan II-2023, lebih dalam dari kontraksi triwulan sebelumnya sebesar 8,26 persen.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa sumber pembiayaan nonperbankan masih menjadi modal utama untuk pembangunan properti residensial. Pada triwulan II-2023, sebesar 72,80 persen dari total kebutuhan pembiayaan proyek pembangunan perumahan berasal dari dana internal.

Baca juga : Ganjar Ungkap Kedekatan Dengan Yenny Wahid Dan Keluarga Gus Dur

Sementara dari sisi konsumen, jenis pembiayaan utama pembelian properti residensial berasal dari fasilitas KPR dengan pangsa sebesar 76,02 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.