Dark/Light Mode

Presiden Gen Z: Peluang Ganjar Menang Pilpres Paling Kuat

Selasa, 15 Agustus 2023 18:52 WIB
Puluhan influencer, musisi, konten kreator, hingga artis tersohor Tanah Air menemui bakal calon presiden bacapres Ganjar Pranowo di rumah dinas Puri Gedeh, Kota Semarang, Jateng. (Foto: Ist)
Puluhan influencer, musisi, konten kreator, hingga artis tersohor Tanah Air menemui bakal calon presiden bacapres Ganjar Pranowo di rumah dinas Puri Gedeh, Kota Semarang, Jateng. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rian Fahardhi, salah satu TikTokers yang dikenal sebagai Presiden generasi (Gen) Z menyebut bahwa bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo punya peluang paling kuat memenangkan Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Rian dalam acara makan malam bersama Ganjar di rumah dinas Puri Gedeh, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (14/8).

Awalnya, Rian yang datang ke Puri Gedeh bersama puluhan pegiat industri kreatif Indonesia seperti TikTokers, musisi, penulis, dan influencer lainnya bercerita bahwa dirinya punya skripsi yang mengangkat tema politik.

Dalam skripsi itu, Rian menganalisa sejumlah indikator yang membuat politisi menang dalam sebuah kontestasi.

Baca juga : Presiden Berikan Empat Arahan Terkait Penanganan Kualitas Udara

Ada tiga indikator, yang menurut Rian, dimiliki Ganjar. 

“Saya punya skripsi Pak, dan mengangkat tentang bagaimana seorang politisi itu bisa menang dengan tiga aspek. Pak Ganjar yang paling kuat saya pikir di tiga itu,” kata Rian.

Adapun tiga aspek itu disebutkan Rian adalah branding, segmenting, dan positioning.

Dalam konteks itu, Rian menjelaskan bahwa citra Ganjar di dunia maya maupun dunia nyata tidak berbeda.

Baca juga : Wariskan Semangat Kebudayaan, Pena Mas Ganjar Gelar Pentas Seni Pelajar Di Pati

Menurut Rian, tiga aspek dan citra yang sudah dibangun itu tidak lepas dari konsistensi Ganjar selama ini. Terlebih sejak menjabat sebagai Gubernur Jateng pada 2013.

“Hari ini saya pelajari itu bahwa kenapa citra Pak Ganjar di realita dan dunia mayanya itu linier dan konsisten. Saya pikir karena dia benar-benar menjaga konsistensi image itu,” tuturnya. 

Rian mengingatkan, tiga aspek ini juga mesti dimiliki oleh anak muda agar memiliki value. Apalagi hal itu disebut Rian sebagai kekuatan gen z sepertinya.

“Karena saya pikir anak muda itu harus berani membranding dirinya, itulah kekuatan kita. Apalagi kita bicara sosial media,” tutup Rian.

Baca juga : Gelar Simulasi, Pandawa Ganjar Bantu Persiapan Warga Kota Palangkaraya Jadi CPNS 

Dalam makan malam bersama Ganjar, turut hadir sejumlah tokoh industri kreatif terkenal Tanah Air.

Di antaranya, Anang Hermansyah, Ashanty, Fuji An, Thariq Halilintar, Daffa Ariq, Fico Fachriza, hingga Meisya Sallwa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.