Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Bamsoet Ajak Elemen Masyarakat Meriahkan Peringatan Hari Konstitusi

Selasa, 8 Agustus 2023 21:21 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo  (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuturkan, selain Sidang Tahunan MPR Tahun 2023 yang diselenggarakan pada Rabu, 16 Agustus 2023, di Agustus ini MPR juga memiliki dua agenda penting lainnya. Yakni peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus 2023 yang merupakan rangkaian tak terpisahkan dari peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, serta peringatan HUT ke-78 MPR pada 29 Agustus 2023. Acara diselenggarakan di Gedung Nusantara IV Kompleks MPR.

Rabu (9/8), Pimpinan MPR akan melakukan Rapat Koordinasi dengan Presiden Jokowi. Selain mematangkan persiapan Sidang Tahunan MPR Tahun 2023, juga untuk mengantarkan undangan agar Presiden Jokowi berkenan hadir langsung dan memberikan pidato dalam peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus 2023. Mengingat peringatan Hari Konstitusi memiliki makna mendalam.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pembalap Diaspora Luis Leeds Mahendra Dapatkan Naturalisasi

“Konstitusi bukan hanya milik MPR, tetapi milik kita semua. Tidak ada negara tanpa konstitusi, tidak ada pemerintahan tanpa konstitusi, tidak ada lembaga-lembaga negara tanpa konstitusi," ujar Bamsoet, usai memimpin Rapat Pimpinan MPR, di Ruang Rapat Pimpinan MPR, Jakarta, Selasa (8/8). Turut hadir para pimpinan MPR antara lain, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Sjarifuddin Hasan, Hidayat Nur Wahid, Arsul Sani dan Fadel Muhammad.

MPR mengajak masyarakat dari berbagai kalangan, khususnya generasi muda dari milenial dan Gen Z, untuk terlibat memeriahkan peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-78 MPR. Antara lain dengan menyiapkan Open Mic Bebas Bicara di berbagai kawasan dari mulai halaman sekitar Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Terowongan Stasiun Sudirman Jakarta, hingga Pasar Abepura Papua.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Beri Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

"Melalui Open Mic tersebut, masyarakat bebas menyuarakan opini, pandangan, masukan, hingga kritikan kepada MPR secara bebas dan terbuka. Beberapa pandangan tersebut nantinya akan ditampilkan pada saat peringatan Hari Konstitusi 18 Agustus 2023," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, MPR juga menyelenggarakan berbagai lomba secara luring dan daring yang bisa diikuti berbagai kalangan masyarakat untuk memeriahkan HUT ke-78 MPR. Termasuk menyelenggarakan pementasan Wayang pada 26 Agustus 2023 di halaman komplek MPR.

Baca juga : PKS Ajak Masyarakat Jaga Dan Lestarikan Seni Pencak Silat

"Lomba luring antara lain, e-Sport pengembangan nilai-nilai Pancasila, karya jurnalistik foto dan tulisan, stand up comedy Rumah Kebangsaan, serta turnamen catur antar jurnalis Koordinatoriat Wartawan Parlemen. Sedangkan lomba daring antara lain, lomba Ilustrasi via Instagram, modul pembelajaran via TikTok, video vertikal via Instagram dan TikTok, serta Podcast Uncensored Akbar Faisal. Seluruh pemenang lomba luring dan daring akan diumumkan pada puncak peringatan HUT ke-78 MPR pada 29 Agustus 2023," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.