Dark/Light Mode

Indonesia Lebih Unggul Daripada Negara Lain

Pasar Domestik Besar, Tenaga Kerja Produktif

Jumat, 18 Agustus 2023 06:45 WIB
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Antara)
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia memiliki banyak potensi untuk lepas dari jebakan negara berpenghasilan menengah alias middle income trap menjadi negara maju. Pasar domestik yang besar dan tenaga kerja produktif, merupakan potensi keunggulan Indonesia yang tidak dimiliki negara lain.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, selain memiliki pasar yang besar dan tenaga kerja yang handal, Indonesia juga memiliki populasi melek digital yang tinggi.

“Karena itu, Indonesia harus mengoptimalkan segala peluang dan potensi yang ada,” kata Arsjad saat perayaan Hari ulang tahun Ke-78 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan timur, kemarin.

Baca juga : Prabowo Ingin Bangun Sekolah Unggulan Berorientasi Sentra Produksi

Pemerintah telah meluncurkan Visi Indonesia Emas 2045, yang menjadi gambaran ideal dan target tujuan yang harus dicapai Indonesia di usianya yang ke-100 tahun sejak kemerdekaan.

Pada 2045, Indonesia diproyeksikan menjadi negara maju dan sejahtera dengan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-4 di dunia berdasarkan paritas daya beli (Purchasing Power Parity/PPP).

“Hal ini didasari oleh potensi yang dimiliki Indonesia untuk mewujudkan visi tersebut,” kata Arsjad.

Baca juga : Lebih Hemat Pakai Kendaraan Listrik, Masyarakat Nikmati Beragam Kemudahan

Dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM), Indonesia akan menikmati bonus demografi pada 2030 ketika jumlah penduduk usia produktif diperkirakan mencapai 68,3 persen dari total populasi.

Selain itu, Indonesia juga diuntungkan dengan sumber daya alam dan biodiversitas yang melimpah. Termasuk cadangan nikel terbesar di dunia sebanyak 21 juta ton dan sumber daya Energi Baru Terbarukan (EBT) hingga 3.600 gigawatt.

Beberapa faktor yang masih perlu dioptimalisasi, antara lain untuk meningkatkan produktivitas SDM dan menjamin penyebaran talenta ahli dan terampil yang merata di seluruh Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.