Dark/Light Mode

Siap-Siap, Indonesia Bakal Jadi Penghasil Energi Surya Terbesar Di Asia Tenggara

Rabu, 26 Juli 2023 09:16 WIB
Dirjen EBTKE Dadan Kusdiana (Foto: Humas ESDM).
Dirjen EBTKE Dadan Kusdiana (Foto: Humas ESDM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia bersiap menjadi negara penghasil energi surya terbesar di Asia Tenggara. Seiring rencana pemerintah membangun industri panel surya terintegrasi, dengan memanfaatkan potensi energi surya yang menjanjikan, perkembangan inovasi teknologi, serta biaya yang semakin ekonomis.

"Akan ada pengumuman besar soal peluncuran industri panel surya terintegrasi, yang akan disampaikan Presiden akhir Juli ini, atau awal Agustus. Indonesia mungkin akan jadi negara terbesar di kawasan Asia Tenggara yang memiliki industri tenaga surya terintegrasi, untuk mendukung 23 persen EBT dan net zero emission," kata Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana dalam acara ASEAN Solar Summit 2023 di Jakarta, Selasa (25/7).

Pemerintah telah menggandeng sejumlah negara ASEAN, sebagai mitra strategis untuk mewujudkan industri panel surya terintegrasi.

"Ini akan membantu pencapaian target 23 persen energi baru terbarukan dan net zero emission. Serta membantu kawasan untuk mencapai target tersebut," papar Dadan.

Terkait peluang rencana kerja sama untuk membangun industri panel surya terintegrasi ini, termasuk mitra investor maupun lokasi pembangunan proyek, Dadan mengatakan, pihaknya sudah mengamankan partner.

Baca juga : Kapolri: Kritik dari Masyarakat Jadi Evaluasi Untuk Berikan Layanan Terbaik

"Tapi, saya tidak akan mengumumkan siapa. Yang pasti, diskusi sudah sangat intens. Kita sudah berkunjung ke sana. Mereka sudah kunjungan ke sini. Sudah ada lokasi yang dipilih. Nanti, Presiden yang akan umumkan," ungkap Dadan.

Dia bilang, proyek tersebut memiliki skala yang cukup besar di atas 10 gigawatt (GW).

"Skalanya seperti apa? Kalau yang kita pahami, ini besar di atas 10 gigawatt, bahkan di atas itu. Industri ini sangat besar. Berasal dari negara produsen yang memiliki kontribusi market share yang signifikan di dunia produksi panel surya," papar Dadan.

Transisi Energi Dikebut

Dadan menegaskan, tenaga surya memiliki peran yang strategis dalam mengakselerasi upaya transisi energi. Khususnya, di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

"Indonesia melihat surya sebagai sumber energi terbarukan yang strategis. Kami ingin melihat, energi terbarukan lainnya bisa menyediakan kontribusi yang cukup besar bagi bauran energi kita. Indonesia sudah siap," tuturnya.

Baca juga : CCEP Indonesia Resmikan Pengelolaan Sampah Terpadu TPS 3R di Bali

Pemerintah terus berkoordinasi dengan banyak pemangku kepentingan, untuk menjadikan ASEAN sebagai hub penting di bidang transisi energi. Setidaknya di kawasan Asia, khusus pengembangan energi surya. Apalagi, sebagai negara tropis, Indonesia tidak memiliki isu soal sumber energi matahari.

"Indonesia dan Singapura itu berbagi sumber yang serupa dalam hal sinar matahari. Bedanya, kita punya 2 juta kilometer persegi, sementara Singapura  700 kilometer persegi," jelas Dadan.

ASEAN juga punya target porsi energi baru terbarukan (EBT) pada bauran energi sebesar 23 persen, sesuai ASEAN Plan of Action for Energy Cooperation (APAEC).

Mengingat itu adalah target bersama, Indonesis berharap bisa memberikan kontribusi maksimal.

ASEAN memiliki pasar tenaga surya yang cukup besar, seiring banyaknya negara-negara di kawasan yang telah memproduksi rantai pasok tenaga surya.

Baca juga : Indonesia Pamerkan Keberhasilan SDGs Desa Di Markas PBB AS

Dari total 73 gigawatt kapasitas manufaktur listrik tenaga surya di ASEAN, saat ini separuhnya dipasok oleh ASEAN.

"Indonesia juga berusaha memberikan kontribusi yang baik, khususnya dalam penyediaan energi berkelanjutan. Sehingga, isu strategis surya ini selaras dengan peran Indonesia sebagai Ketua ASEAN," pungkasnya. 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.