Dark/Light Mode

Airlangga Dorong Peningkatan Kerja Sama Ekonomi RI-Selandia Baru

Selasa, 29 Agustus 2023 14:49 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat menerima kunjungan Menteri Perdagangan dan Pertumbuhan Ekonomi Selandia Baru Rino Tirikatene, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (24/8). (Foto: Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat menerima kunjungan Menteri Perdagangan dan Pertumbuhan Ekonomi Selandia Baru Rino Tirikatene, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (24/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mendorong peningkatan kerja sama ekonomi Indonesia dengan Selandia Baru.

Hal tersebut dikatakan Airlangga saat menerima kunjungan Menteri Perdagangan dan Pertumbuhan Ekonomi Selandia Baru Rino Tirikatene, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (24/8) lalu.

Dalam pertemuan itu, kedua menteri membahas berbagai kerja sama ekonomi strategis bilateral dan saling dukung dalam berbagai forum internasional maupun kawasan. Selandia baru mendukung bergabungnya Indonesia menjadi anggota Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) serta mendukung kemajuan perundingan Indo-Pasifik Economic Framework (IPEF).

Baca juga : LKPP Dorong Peningkatan Serapan Anggaran Pengadaan Lewat Sistem Elektronik

Airlangga mengatakan, melalui implementasi kerja sama ekonomi yang lebih pragmatis dan praktis, diharapkan kerja sama dagang yang komprehensif antar kedua negara dapat terwujud. Salah satu kerja sama yang dapat dijalin dan diperkuat yakni kerja sama sertifikat halal.

“Kita perlu mendorong untuk segera disepakati kerja sama Mutual Recognition Agreement (MRA) untuk produk halal dengan Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) di Selandia Baru,” ujar Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/8).

Perlu diketahui, Selandia Baru merupakan salah satu mitra dagang penting bagi Indonesia dengan nilai perdagangan antara kedua negara mencapai 2,13 miliar dolar AS pada 2022 atau meningkat sebesar 26,80 persen dari tahun sebelumnya. Indonesia dan Selandia Baru saat ini berambisi untuk meningkatkan kerja sama bilateral sebagai implementasi Plan of Action of the Indonesia-New Zealand Comprehensive Partnership for the period of 2020-2024 yang telah terjalin sejak 2018. 

Baca juga : Airlangga: Indonesia Komit Majukan Ekonomi ASEAN

Serangkaian target telah ditetapkan, termasuk peningkatan perdagangan bilateral sebesar 4 miliar dolar Selandia Baru pada 2024, kerja sama UMKM, teknologi digital, partisipasi perempuan, pendidikan, dan energi terbarukan, komitmen untuk pengurangan dan mitigasi dampak perubahan iklim, serta implementasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Kemudian dalam pertemuan tersebut kedua menteri juga mengharapkan terdapat peningkatan kerja sama pendidikan dan akses yang lebih terbuka kepada pelajar Indonesia. Kedua negara terus mengoptimalkan berbagai program beasiswa yang dapat mendorong peningkatan people-to-people contact melalui sektor pendidikan dan kebudayaan.

Menteri Rino Tirikatene mendukung Indonesia dalam upaya untuk menjadi anggota OECD dan menyampaikan juga bahwa Selandia Baru memberikan perhatian pada proses aksesi Indonesia pada Financial Action Task Force (FATF). Selain itu, pihak Selandia Baru juga berharap adanya kerja sama konektivitas melalui pembukaan rute penerbangan langsung.

Baca juga : ASEAN Ditargetkan Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

“Untuk mendukung peningkatan perdagangan dan investasi, kedua negara perlu mewujudkan kerja sama konektivitas melalui pembukaan segera rute penerbangan langsung antara Indonesia dan Selandia Baru untuk meningkatkan arus barang dan pergerakan manusia dari kedua negara,” ujarnya. 

Pembukaan rute penerbangan Indonesia-Selandia Baru tersebut dinilai dapat memangkas biaya logistik dan akan berdampak pada peningkatan daya saing produk kedua negara yang didominasi oleh produk pertanian dan peternakan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.