Dark/Light Mode

Gaet Investor, Kabupaten Pasuruan Gelar Pameran Industri Di Mall Kokas

Rabu, 30 Agustus 2023 06:27 WIB
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf pegang microphone saat menjelaskan acara Pameran Tunggal Pasuruan Industrial, Agriculture, Tourism and Trade Expo PIATTEX V di Mall Kota Kasablanka, Jakarta pada 31 Agustus hingga 3 September 2023. (Foto: Istimewa)
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf pegang microphone saat menjelaskan acara Pameran Tunggal Pasuruan Industrial, Agriculture, Tourism and Trade Expo PIATTEX V di Mall Kota Kasablanka, Jakarta pada 31 Agustus hingga 3 September 2023. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabupaten Pasuruan terus berupaya untuk mencari cara agar para investor bersedia memberikan sahamnya di salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur itu.

Contohnya dengan mengadakan Pameran Tunggal Pasuruan Industrial, Agriculture, Tourism and Trade Expo (PIATTEX V) di Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

Menurut Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, acara ini akan digelar pada 31 Agustus 2023 hingga 3 September 2023. Tujuannya untuk menarik minat calon investor di multi sektor.

"Sehingga dapat meningkatkan nilai investasi daerah," kata Irsyad Yusuf di Jakarta, Selasa (29/8).

Baca juga : Kabupaten Muba Buka Penempatan Tenaga Pemanen Bersertifikasi BNSP

Irsyad bilang, pihaknya telah membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang kemudahan investasi yang cakupannya hingga tingkat rukun tetangga (RT).

"Sebagai kawasan Segitiga Emas di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Pasuruan didukung oleh fasilitas infrastruktur jalan tol didekat eksisting kawasan industri dan rencana kawasan, dukungan listrik dan juga gas, serta sumber daya air yang melimpah dari mata air Umbulan," ungkap politisi PKB itu.

Lebih lanjut, kata Irsyad, lokasi pameran dipilih berdasarkan pertimbangan agar UMKM di Kabupaten Pasuruan dapat naik kelas. Tentunya juga menandakan bahwa Kabupaten Pasuruan siap menjadi lahan investasi yang mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.

"Pameran juga turut mengundang pihak dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Pemerintah Kota Jakarta Selatan, Kementerian Investasi/BKPM, hingga Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Timur," papar dia.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 28 Agustus, Hadir Di Mall Cileungsi

Konsep pameran ini tidak lagi menonjolkan nama dari masing-masing perangkat daerah.

Seluruh Perangkat daerah didorong untuk menunjukkan UMKM dan produk unggulannya guna ditampilkan dalam pameran dengan membawa nama Kabupaten Pasuruan.

"Yaitu investor lounge, PIER STMJ dan olahan susu, rumah boneka, pemintalan sutera, olahan ikan, kekerangan & rumput laut, rajut dan fashion, mangga dan kopi kapiten, wisata dan budaya tengger, sulam, bordir dan sutera," ucap adik dari Sekjen PBNU Saifullah Yusuf itu.

Adapun perangkat daerah yang turut mendukung pameran ini adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasuruan, Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang.

Baca juga : Soft Launching, Investor Trust Gelar Seminar Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik

Selain itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.