Dark/Light Mode

Menkes Budi Pimpin Pertemuan Menteri Kesehatan Tingkat ASEAN Di Jakarta

Kamis, 24 Agustus 2023 23:34 WIB
Foto: Humas Kemenkes
Foto: Humas Kemenkes

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memimpin pertemuan tingkat tinggi dengan para Menteri Kesehatan ASEAN dan Sekretariat ASEAN, di Jakarta, Kamis (24/8).

Pertemuan ini membahas hasil pertemuan antara Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan ASEAN yang dilaksanakan pada hari yang sama.

“Hari ini kami berdiskusi dengan Sekretariat ASEAN dan Menteri Kesehatan ASEAN, untuk membahas mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh sektor keuangan dan kesehatan dalam memperkuat arsitektur kesehatan di ASEAN terutama terkait pendanaan,” kata Budi.

Disebutkan dia, selama high level meeting, Indonesia selaku ketua ASEAN tahun 2023, mendorong kawasan ASEAN yang lebih kuat dan siap dalam menghadapi tantangan kesehatan di masa kini dan masa yang akan datang.

Baca juga : Menko Mahfud Dan Mendagri Turki Teken Perjanjian Payung Kerja Sama Keamanan

Serta, memastikan seluruh negara di kawasan ASEAN memiliki akses yang mudah dan berkualitas terhadap dana kesehatan.

Hal ini sejalan dengan tema yang diusung dalam pertemuan Menkes ASEAN yaitu “Building a sustainable and resilient future in the ASEAN region: from emergency response to long term Covid-19 disease management”.

Pertemuan juga menjadi sarana bagi para Menkes ASEAN untuk saling berbagi pengalaman dan pembelajaran negara-negara ASEAN dalam menangani pandemi Covid-19 dengan fokus pada upaya persiapan transisi dari tanggap darurat ke penanganan Covid-19 jangka panjang.

Pertemuan juga untuk mengidentifikasi dukungan untuk memperkuat pengawasan penyakit menular di kawasan.

Baca juga : Jokowi Akan Pimpin 12 Pertemuan Selama KTT ASEAN Di Jakarta

Serta, inisiatif kolaboratif lainnya melalui kerja sama bilateral dan multilateral, kolaborasi dengan mitra pembangunan dan entitas regional dan global lainnya untuk memperkuat arsitektur kesehatan regional di era darurat pasca Covid-19.

Terakhir, para Menkes ASEAN turut memberikan masukan kepada para Pemimpin ASEAN dalam menyikapi situasi kesehatan global saat ini guna membuka jalan bagi penanganan Covid-19 dalam jangka panjang.

"Pertemuan siang ini mengakui peran pentingnya kepemimpinan yang diambil oleh sektor keuangan dan kesehatan di ASEAN, dalam memulai kolaborasi yang lebih kuat antara keuangan dan kesehatan, yang bertujuan untuk memperkuat keamanan kesehatan regional," terang Menkes Budi. 

ASEAN Health Ministers Meeting (AHMM) berlangsung mulai tanggal 24-25 Agustus 2023 di Jakarta. Pertemuan diawali dengan ASEAN Finance-Health Ministers Meeting (AFHMM) pada tanggal 24 Agustus 2023.

Baca juga : Menkes Perintahkan Piloting Layanan Kesehatan Jiwa Modern dan Berbasis Komunitas

Kemudian, dilanjutkan dengan pertemuan informal untuk menindaklanjuti hasil AFHMM dan ditutup dengan pertemuan tingkat tinggi Menkes ASEAN.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.