Dark/Light Mode

Lanjutkan Program Langit Biru, Pertamina Kembangkan BBM Ramah Lingkungan

Rabu, 30 Agustus 2023 22:15 WIB
Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat rapat kerja di DPR, Rabu (30/8). (Foto: Ist)
Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat rapat kerja di DPR, Rabu (30/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) terus mencanangkan Program Langit Biru dengan mengembangkan bahan bakar berbasis nabati atau bioenergi.

Demikian disampaikan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati di Gedung DPR, Rabu (30/8).

“Pertamina pernah menjalankan Program Langit Biru dengan menaikkan (kadar oktan) BBM Subsidi dari RON 88 ke RON 90. Pertamina akan melanjutkan Program Langit Biru Tahap II, dengan menaikkan (kadar oktan) BBM subsidi dari RON 90 ke RON 92,” kata Nicke.

Baca juga : Lanjutkan Program SOLUSI, Kemenkop UKM-Pertamina Jamin Akses BBM Bagi Nelayan

Nicke menambahkan, program tersebut rencananya akan dilaksanakan mulai 2024. Saat ini masih dalam tahap kajian dan nantinya akan diusulkan kepada pemerintah.

Menurut dia, sesuai dengan regulasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), RON minimal adalah 91. Karena itu, pada tahun depan Pertamina akan mengeluarkan Pertamax Green 92, dengan mencampur Pertalite dengan Ethanol 7 persen.

“Sehingga ke depan produk gasoline hanya ada Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo,” jelas Nicke.

Baca juga : Tindak Lanjuti B20 India, Pertamina Akan Kembangkan Bahan Bakar Bioenergi

Langkah tersebut, menurut Nicke, sudah sesuai dari aspek lingkungan karena dapat menurunkan karbon emisi dan juga dapat menurunkan impor gasoline.

VP Corporate Communication PT Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan, kajian peningkatan kadar oktan BBM RON 90 Pertalite menjadi RON 92 masih terus dikembangkan dan merupakan roadmap biofuel yang nantinya usulan tersebut akan disampaikan ke pemerintah.

“Semangatnya adalah pengembangan bahan bakar nabati ini merupakan upaya Pertamina dalam menghasilkan bahan bakar yang berkualitas dan juga ramah lingkungan,” ucap Fadjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.