Dark/Light Mode

Ditetapkan Masuk Daftar Objek Vital Nasional

Faktor Keselamatan Syarat Mutlak Operasi KA Cepat

Senin, 4 September 2023 07:10 WIB
Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi memberikan keterangan dalam rangkaian acara peresmian Jembatan Cibiru Hilir di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Kamis (10/8/2023). (Foto: Antara)
Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi memberikan keterangan dalam rangkaian acara peresmian Jembatan Cibiru Hilir di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Kamis (10/8/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Meski demikian, ia tetap mengapresiasi Pemerintah yang telah menjadikan kereta api ce­pat ini sebagai daftar Objek Vital Nasional (Obvitnas).

Penetapan ini, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Per­hubungan Nomor KP-DJKA 133 Tahun 2023, tentang Penetapan Objek Vital Transportasi Bidang Perkeretaapian PT KCIC.

“Investasi kereta cepat ini kan mahal dan risiko keselamatannya juga tinggi. Sudah sewajarnya bila Pemerintah menetapkannya sebagai Objek Vital Nasional,” kata Djoko.

Baca juga : Kesejahteraan Buruh Sawit Kudu Diperhatikan

Karenanya, diperlukan penga­manan terhadap jalur, stasiun, depo dan fasilitas operasi lain­nya agar kereta api cepat bisa beroperasi dengan baik.

Ia berharap, pelaksanaan uji coba pada September ini bisa berjalan baik dan optimal, sehingga ketika siap dioperasikan tak ada kendala berarti.

“Ya, kalau tidak jadi kado HUT RI(Hari Ulang Tahun Republik Indonesia), semoga bisa jadi kado Tahun Baru 2024. Saya kira, akhir tahun bisa siap beroperasi,” harapnya.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pertunjukan Musik Calung Di Kota Bandung

Terpisah, General Manager (GM) Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa memastikan, pembangunan prasarana KA Cepat dilakukan dengan aman dan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Bahkan diawasi dengan ketat mengingat konstruksi KA Cepat dirancang untuk masa pakai hingga 100 tahun.

Tak hanya itu, setiap langkah pembangunan yang dilakukan telah melewati pengujian, pengecekan, serta pengawasan spesifikasi dan standar bangunan yang ketat dari berbagai pihak.

Baca juga : KAI Tingkatkan Keamanan Dan Keselamatan Di Perlintasan Kereta

Ia menegaskan, untuk kualitas prasarana KA Cepat pihaknya tidak main-main.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.