Dark/Light Mode

LG Paparkan Strategi Bisnis Masa Depan pada IAA MOBILITY 2023

Senin, 4 September 2023 22:02 WIB
CEO LG William Cho (Foto: Dok. LG)
CEO LG William Cho (Foto: Dok. LG)

RM.id  Rakyat Merdeka - LG Electronics (LG) mengadakan konferensi pers perdana pada penyelenggaraan IAA MOBILITY, perhelatan global tahunan bagi sektor mobilitas. CEO LG William Cho berbicara di Main Stage, di Hall A1, Messe München Exhibition Center, Jerman.

William Cho secara Virtual, Senin (4/9), membagikan perspektif perusahaan terhadap masa depan industri mobilitas serta berbicara mengenai visi perusahaan untuk mendorong berbagai perubahan penting yang harus dilakukan pada berbagai aspek dalam ekosistem mobilitas ini. Keseluruhan hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers LG yang hadir dengan tema “Taking Life’s Good on The Road”.

Dengan perkembangan industri otomotif yang sangat pesat dan berfokus pada elektrifikasi dan berkendara dengan otonom, LG menyatakan akan memiliki peluang besar dalam menciptakan nilai pengguna pada area mobilitas ini. Membuat kendaraan tak lama lagi akan lebih dari sekadar alat transportasi, namun sebagai sebuat perpanjangan tempat untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang berbeda.

“LG memiliki pengalaman hampir 70 tahun dalam bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen. Sepanjang masa itu, kami telah memiliki pemahaman yang kaya terkait dengan konsumen di seluruh dunia dan ruang hidupnya melalui berbagai temuan dari penelitian mendalam dan tren. Hal inilah yang kemudian menjadi modal bagi kami dalam menghasilkan berbagai inovasi dalam industri elektronik konsumer,” ungkap William.

Baca juga : Lagi, Kalbar Dan Jatim Bertemu Di Final Piala Kapolri 2023

“Dengan pengetahuan dan pengalaman yang besar di area ini, kami sangat bersemangat untuk menyajikan langkah baru kami dalam bidang mobilitas,” lanjutnya.

Berbagai pemahaman dan keahlian inilah yang kemudian berada di balik berdirinya LG Vehicle Component Solution (VS) Company. Dengan terus berinvestasi pada perusahaannya ini, LG sukses mengembangkan bisnisnya dalam bidang komponen dan solusi otomotif.

Menurut firma riset pasar Strategy Analytics, diperkirakan LG menyumbang pangsa terbesar pasar telematika kendaraan global tahun lalu, yaitu sebesar 23,3 persen. Di sisi lain, sejak 2021, perusahaan telah menguasai pangsa pasar dua digit di segmen audio, video, dan navigasi (AVN). Hasil ini dapat dikaitkan dengan pengakuan dan kepercayaan yang diperoleh LG VS dari produsen mobil besar atas produk dan layanannya yang berbeda.

Alpha-able: Masa Depan Pengalaman Mobilitas

LG telah mengadakan percobaan dengan membuat sebuah lingkungan interior yang mirip dengan kondisi aktual pada kendaraan otonom. Dari percobaan ini didapatkan, sebagian besar orang menginginkan sebuah kendaraan otonom sebagai tempat yang eksklusif dan privat yang memberikannya kebebasan lengkap untuk melakukan berbagai hal yang diinginkan. Seperti bermain, bekerja maupun menghabiskan waktu sendiri.

Baca juga : Ganda Campuran Habis Di Korea Open 2023

Sementara, hasil dari survei mendalam mendapatkan temuan bahwa sejumlah 72 persen orang setuju berkendara dengan mobil juga merupakan waktu untuk bersantai dan 43 persen orang menyatakan kabin kendaraan merupakan ruang personal yang sangat berarti bagi pemiliknya.

Berdasarkan wawasan ini, LG menerjemahkan kembali sebuah mobil merupakan sebuah ruang digital yang terpersonalisasi. Di sisi lain, perusahaan juga mengembangkan pengalaman penggunaan berdasarkan tiga tema besar, yaitu kemampuan bertransformasi (transformable), kemampuan dijelajahi (explorable) dan kemampuan untuk dibuat bersantai (relaxable). Secara keseluruhan, ketiga tema ini dinamai LG sebagai Alpha-able.

Dalam pidatonya tersebut, William juga mengungkapkan rencana LG yang bertujuan memperluas bisnis pengisian daya kendaraan listriknya. Hal ini akan berjalan dengan memanfaatkan kemampuannya di bidang manufaktur, kontrol kualitas, layanan purna jual, dan manajemen rantai pasokan untuk meningkatkan pengalaman pengisian daya pelanggan.

“Kami sangat yakin mobilitas masa depan harus fokus pada misi untuk memberikan pengalaman penggunaan pada tingkat yang berbeda. LG, dengan solusi mobilitas inovatifnya, sangat berkomitmen terhadap misi penting ini,” tambahnya.

Baca juga : PUPR Bidik 24 Proyek Strategis Nasional Tuntas Tahun 2023

“Seiring dengan upaya LG membuka masa depan mobilitas, kami mengundang semua pemimpin industri untuk bergabung dengan kami dalam perjalanan yang menarik dan penting ini,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.