Dark/Light Mode

VENTENY Paparkan Kinerja Positif Pada Public Expose 2023

Selasa, 12 September 2023 15:02 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - PT VENTENY Fortuna International, Tbk. (Persero) atau VENTENY, hari ini menyelenggarakan paparan publik atau Public Expose (Pubex), di Westin Hotel Jakarta yang juga disiarkan secara virtual.

Beberapa poin penting yang dibahas pada Public Expose hari ini antara lain mengenai pemaparan kinerja positif VENTENY di semester pertama 2023.

Lalu, pengumuman corporate rating dari Kredit Rating Indonesia (KRI), kerja sama VENTENY dengan partner-partner strategis, dan komitmen VENTENY pada program Environment, Social, and Government (ESG).

VENTENY mencatatkan kinerja positif di semester 1 2023 ini. Pada semester pertama 2023, Perseroan mencatatkan laba sebesar Rp 9,3 miliar, tumbuh dari Rp 3,8 miliar yang tercatat pada semester pertama 2022 atau naik sebesar 2,47 kali lipat.

Lonjakan laba yang terjadi merupakan hasil dari pertumbuhan pendapatan yang diraih Perseroan sebesar Rp 29,2 miliar di semester pertama 2022 menjadi Rp 58,9 miliar di semester pertama 2023.

Atau, tumbuh dua kali lipat di periode yang sama tahun sebelumnya. Performa positif ini dihasilkan melalui makin besarnya persebaran pendanaan produktif untuk pelaku UMKM.

Baca juga : LG Paparkan Strategi Bisnis Masa Depan pada IAA MOBILITY 2023

Saat ini, tercatat sudah lebih dari 9.600 UMKM yang mendapatkan saluran pendanaan dari VENTENY.

Selain itu, performa positif ini didukung dari kinerja VENTENY Employee Superapp yang mengalami peningkatan yang pesat, didorong dari kenaikan GMV yang signifikan sebesar 1.529 persen pada semester 1 2023 ini dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"VENTENY melihat bahwa potensi pertumbuhan Superapp masih sangat besar. Active rate VENTENY Employe Superapp saat ini sudah di besaran 25 persen. Persentase itu lebih besar dibandingkan dengan market average," ujar Founder dan Group CEO PT VENTENY Fortuna International, Tbk, Jun Waide.

"Masih banyak potensi yang sedang kami jajaki dengan bergandengan dengan banyak partner strategis seperti asosiasi, komunitas, perusahaan, lembaga pendidikan dan lainnya," imbuhnya.

Selain itu, pada Public Expose 2023 ini, disampaikan bahwa PT VENTENY Fortuna International, Tbk. (VTNY) berhasil meraih corporate rating BBB+ Stable Outlook dari lembaga pemeringkat kredit, Kredit Rating Indonesia (KRI) untuk periode 22 Agustus 2023 hingga 1 September 2024.

"Kami sangat bangga atas penilaian dari KRI yang dimana PT VENTENY Fortuna International, Tbk. berhasil mendapatkan investment grade. Rating ini dapat menjadi pendorong bagi VENTENY untuk terus mengembangkan pangsa pasar lebih luas dan meningkatkan dedikasi kami dalam memberdayakan UMKM di seluruh pelosok Indonesia," kata Lie Kienata, CFO PT VENTENY Fortuna International, Tbk.

Baca juga : Angkasa Pura I Cetak Laba Rp 448 Miliar Hingga Juli 2023

Untuk memperluas jangkauan industri guna memperkuat ekosistem VENTENY, selama tahun 2023, VENTENY telah menjalin kerja sama dengan beberapa partner strategis.

Di antaranya TribunJatim.com dari industri media, ArtotelGroup dari industri perhotelan dan pariwisata, dan Universitas Bina Darma Palembang dari industri pendidikan.

Kerja sama ini melibatkan kolaborasi strategis untuk mendukung pertumbuhan UMKM serta penggunaan aplikasi VENTENY Employee Superapp dalam pengelolaan program Employee Benefit.

Secara geografis, VENTENY telah menambahkan satu Representative Office di Palembang, Sumatera Selatan untuk memperluas akses finansial kepada UMKM dan pemberdayaan SDM di daerah.

"Perluasan ini sejalan dengan visi Pemerintah untuk meningkatkan financial inclusion terutama untuk UMKM dan peningkatan kualitas SDM di daerah sehingga dapat mencapai visi Pemerintah di tahun 2045," ujar COO PT VENTENY Fortuna International, Tbk, Damar Raditya.

Selain itu, Perseroan terus berkomitmen menjunjung program keberlanjutan dalam menjalankan bisnisnya dengan berpatokan pada lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environment, Social, Governance/ESG).

Baca juga : Top! Pertamina Hulu Indonesia Cetak Kinerja Positif di Semester I-2023

Hal ini untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) dengan menerapkan strategi People, Planet, Profit (3P).

Saat ini, VENTENY sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa organisasi dan asosiasi, salah satunya untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dengan program daur ulang plastik.

Serta, meningkatkan taraf hidup mitra dari organisasi dan/atau asosiasi melalui akses finansial, pendidikan dan kesehatan melalui Superapp.

VENTENY selalu aktif dalam meninjau program-program ESG lainnya agar dapat dilaksanakan baik secara mandiri maupun bergandengan dengan partner strategis, guna memastikan keberlanjutan dalam ekosistem VENTENY.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.