Dark/Light Mode

Teten Sebut Transformasi Digital Di Indonesia Belum Mampu Lahirkan Ekonomi Baru

Jumat, 15 September 2023 20:38 WIB
Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyebut, transformasi digital di Indonesia dipandang belum mampu melahirkan ekonomi baru dan hanya menggantikan ekonomi lama.

Hal ini terjadi karena transformasi digital di Indonesia hanya tumbuh pesat di sisi hilir, tetapi masih lemah di sisi produksi. Jadi hanya menambah faktor pembagi kue ekonomi.

Baca juga : Indonesia Bakal Masuk Grup Neraka, Erick: Kuncinya Nyali

Buktinya, di e-commerce atau lokapasar semakin banyak pedagang baru bermuncul. Namun, pegadang ini tidak menjajakan barang hasil produksinya sendiri.

Mereka murni berjualan barang hasil produksi orang lain. Imbasnya, ada pedagang yang omzetnya melesat, namun ada pula yang tergerus bahkan mati.

Baca juga : Jaksa Ajukan Kasasi Atas Vonis WN India Pelaku Penipuan Daging Kerbau

Kondisi ini semakin diperparah lantaran muncul pedagang yang menjajakan produk impor.

"Banjir produk impor murah yang dijual secara dumping di halaman depan telah membuat produk lokal sekarat. Apabila produksi kita hancur, pengangguran pasti meningkat dan berimbas pada turunnya daya beli dan menyebabkan pasar lesu. Padahal 97 persen lapangan kerja disediakan UMKM," ucap dalam keterangan resmi, Jumat (15/9).

Baca juga : Espas Indonesia Wujudkan Hidup Sehat Dan Ekonomi Kuat

Teten bilang, transformasi digital di sisi produksi bisa digenjot jika UMKM punya data yang holistik, salah satunya bisa memahami selera pasar dalam marketplace.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.